Kader AMPL Diharapkan Mampu Laksanakan Tugas dengan Baik

0
43 views

KOTABARU – Pelatihan Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa lewat Kelompok Kerja Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (Pokja AMPL) Desa Pasca yang berlangsung selama tiga hari (1-3 Oktober) di Kotabaru berakhir, Kamis (4/10).

Menurut Muhammad Ansor Kabid Pembangunan Desa Pemkab Kotabaru disela penutupan, diharapkan hasil pelatihan bisa dilaksanakan dengan baik oleh para peserta. Para kader AMPL merupakan yang ketiga dari Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas), mampu memahami tugasnya nanti.

“Keberadaan kader merupakan motivator, penghubung antara program dengan masyarakat desa, panutan yang dipercaya oleh masyarakat.  Secara umum, tugas Kader Pemberdayaan Masyarakat  memotivasi masyarakat berpartisipasi dalam kegiatan pembangunan di wilayahnya,” ujarnya.

Sementara Wahyu selaku Koordinator Pamsimas Kotabaru berharap, para kader AMPL  bisa melakukan sosialisasi program Pamsimas tingkat desa yang dilaksanakan oleh pemerintah desa

Memfasilitasi proses IMAS Tahap II dan menyediakan data pencapaian kinerja AMPL dan mendukung KKM dan Satlak Pamsimas dalam melakukan penyusunan dokumen PJM ProAKSi dan RKM, serta pengintegrasian dokumen tersebut dalam dokumen RPJMDes dan RKPDes.

Legalitas Kader Pemberdayaan Masyarakat, Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah  Peraturan Pemerintah Nomor 72 Tahun 2005 tentang Desa, Peraturan Pemerintah Nomor 73 Tahun 2005 tentang Kelurahan,  dan Peraturan Menteri Dalam Negeri No 7 Tahun 2007.

Salah satu peserta dari Desa Bangun Rejo Srianti berharap, hasil pelatihan bisa dipedomani untuk melaksanakan tugas dilapangan. “Untuk itu kami berharap, peserta dan panitia pelatihan terus saling berbagi. Lewat group WA saling silahturahmi,” katanya.

Gajali Rahman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here