Lewat Program Kotaku, 78 Hektar Wilayah Kumuh di Kotabaru jadi ‘Zero Kumuh’

0
47 views

KOTABARU- Pemkab Kotabaru menggelar Rapat Koordinasi Percepatan Pelaksanaan bertajuk National Slum Upgrading Program (NSUP), Rabu (23/10) di Kotabaru. .

Acara yang diselenggarakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, lewat Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) tahun anggaran 2019.

Kadis Perumahan Rakyat Pemukiman dan Pertanahan Kotabaru Slamet Riyadi memaparkan, beberapa program Pemkab Kotabaru dalam menciptakan lingkungan yang bersih disemua wilayah desa hingga pelosok.

“Upaya Pemkab Kotabaru mewujudkan kota tanpa kumuh terus dilakukan, dimana 78 hektar wilayah dibeberapa desa yang sudah dipetakan.  Bisa ditekan kekumuhannya menjadi zero kumuh, karena jika tidak diperhatikan akan menyebabkan kawasan menjadi kumuh yang berakibat pada banyak hal, seperti penurunan kesehatan,” katanya usai acara workshop kota tanpa kumuh (kotaku), Rabu (23/10).

Kata Slamet, saat ini sudah dilakukan pemasangan dan pembangunan WC, septictank, rehab jalan sempit di gang kampung dan desa.  “Warga juga harus diberi edukasi agar bisa hidup dengan pola sehat, jauh dari kekumuhan. Jika kota kita bersih dan indah, tentu akan sejahtera dan terhindar dari penyakit karena lingkungan bersih dan sehat,” ujarnya.

Sementara Kades Rampai Samsir Alam mengaku bersyukur wilayahnya saat ini jauh lebih baik dan tertata, baik sanitasi dan kebersihan lingkungannya. “Bahkan Desa Rampai dapat sertifikat desa tanpa kumuh,” katanya.

Kata Samsir, selama ini pihaknya sudah dibantu pemasangan 200 wc dan 120 septictank untuk warga desanya. “Kami berharap program kota tanpa kumuh (kotaku) terus dilanjutkan,” katanya.

Gajali Rahman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.