Menakar Masa Depan Papua: Konflik, Resolusi, dan Integrasi Sosial

0
19 views

JAKARTAPeristiwa kerusuhan sosial kembali terjadi di Papua. Kali ini Wamena diguncang konflik sosial. Sebanyak 33 orang tewas,ratusan ruko dan rumah hangus terbakar, dan lebih dari 5500 orang harus mengungsi. Ketegangan antara orang asli dan pendatang diduga menjadi salah satu pemicu kerusuhan tersebut.

Peristiwa ini menambahkan rangkaian panjang peristiwa konflik sosial yang terjadi di Papua, serta kerap kali tak terungkap.

Belum lama ini, sejak medio akhir Agustus 2019 yang lalu, Papua juga bergolak diduga dipicu oleh insiden bernuansa rasialis di sebuah asrama mahasiswa di Jawa Timur.

Diskusi Publik Policy Center Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI) kali ini akan mengambil tema Menakar Masa Depan Papua: Konflik,Resolusi dan Integrasi Sosial, yang akan dilaksanakan pada Kamis (3/10/2019)  mulai jam 10.00-12.00 WIB.  Tempat : Sekretariat Iluni UI Salemba, Gedung Rektorat Lantai 2, Jalan Salemba no.4, Jakarta

Bebeapa narasumber akan menyampaikan materinya seperti, Prof.Dr Bambang Shergi Laksmono (Direktur Eksekutif Papua Center Fisip UI), Velix Vernando Wanggai* (Direktur Daerah Tertinggal,Transmigrasi dan Pedesaan BAPPENAS, Mantan Staf Khusus Presiden Bidang Otonomi Daerah), Amirudin Al Rahab (Anggota Komnas HAM, peneliti Papua), Dr Ichsan Malik (Pakar Psikologi konflik), Martinus Antony Werimon (Tokoh Adat Papua,mantan Sekretaris Dewan Adat Papua) dan Mohammad Jibriel Avessina (Policy Center Iluni UI). Bertindak sebagai host Muhammad Fadli Hanafi, SE, MM.

Diskusi ini dapat disaksikan secara live di Instagram.com/iluni.ui dan Facebook ILUNI UI Narahubung: 0811 98 43210 (Devi), Salam Persatuan! Policy Center ILUNI UI 2019-2022

Ayuningtyas Widari Ramdhaniar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here