Pemkab Tapin Gelar Bimtek Keamanan Sertifikat Elektronik dan Tanda Tangan Digital

0
8 views

RANTAU,- Pemerintah Kabupaten Tapin melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Tapin menggelar bimbingan teknis/sosialisasi keamanan informasi sertifikat elektronik dan tanda tangan digital di Kabupaten Tapin. Rabu (9/10) bertempat di Pendopo.

Pemkab Tapin bakal menerapkan sertifikat elektronik dan tanda tangan digital di lingkup Pemkab Tapin dengan tujuan mempermudah proses administrasi pelayanan perkantoran di setiap SKPD di lingkup Pemkab Tapin.

Acara dibuka oleh Bupati Tapin diwakili Asisten Pemerintahan Yunus Aziz bersama Kepala Diskominfo Tapin, H.Tamberin,S,Sos dan sebagai narasumber acara Diskominfo menghadirkan Balai Sertifikasi Elektronik Jakarta, Zainal Suhardono.

Dalam sambutannya Bupati Tapin yang dibacakan Asisten Pemerintahan Yunus Aziz mengatakan, Pemerintah Kabupaten Tapin menyambut baik kegiatan bimtek ini dalam rangka percepatan penyelenggaraan pemerintahan berbasis elektronik untuk memberikan pemahaman sekaligus pemenuhan aspek keamanan informasi. “Dengan itu bimtek ini kami nyatakan secara resmi dibuka,”katanya.

Sementara dalam sambutannya Kepala Diskominfo Tapin, H.Tamberin,S,Sos mengatakan, Bimtek yang digelar ini bertujuan untuk memahami dan mengerti sertifikasi elektronik dan tanda tangan digital dimaksud. Yaitu cara menjaga keamanan informasi di masing-masing SKPD di lingkup Pemkab Tapin. Sertifikat digital atau tanda tangan digital adalah stempel autentikasi elektronik yang dienkripsi pada informasi digital seperti email, makro, atau dokumen elektronik.Tanda tangan mengonfirmasi bahwa informasi berasal dari penanda tangan dalam bentuk digital.

“Acara Bimtek berlangsung selama sehari.Untuk itu, selama bimtek ini berlangsung diminta seluruh peserta dilarang keluar dan hendaknya mendengarkan apa yang disampaikan narasumber dengan baik,”katanya.

“Adapun jumlah peserta bimtek sekitar 50 orang terdiri dari perwakilan dari SKPD di lingkup Pemkab Tapin 32 orang dan 18 orang dari Kominfo Tapin,”pungkasnya.

Reporter Nasrullah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here