TNI Siap Bersinergi Dengan Warga Atasi Kekeringan

0
18 views

TNI Siap Bersinergi Dengan Warga Atasi Kekeringan

RANTAU,- Prajurit TNI yang terlibat TMMD ke-106 tahun 2019 di desa Kembang Habang Lama, Kecamatan Salam Babaris, Kabupaten Tapin, siap bersinergi bersama membantu warga mengangkut air dari sumber air ke permukiman warga yang dilanda kekeringan.

Sebagaimana warga desa Kembang Habang Lama, Kecamatan Salam Babaris mengatakan,”Akibat kemarau tahun ini, banyak penduduk warga sini sumurnya kering. Sehingga kesulitan mencari air bersih, dalam satu sumur 5 dinamo air milik warga sudah tak bekerja maksimal lagi,”katanya kepada Infobanua.Co.Id.

Bahkan Kemarau tahun lalu, lanjut dikatakannya, “Ada warga sini yang sempat berkelahi hanya gara-gara rebutan air di sumur. Bantuan TNI masuk desa ini tentu kami sangat apresiasi pada jajaran kodim disamping sudah membangunkan jalan juga melakukan kegiatan bakti sosial lainnya yang sangat bermanfaat bagi warga desa,”katanya.

Danrem 101/Antasari Kolonel Inf M. Syech Ismed, S.E., M.Han, mengatakan, Ada sinergitas antara TNI dan masyarakat bekerjasama sehingga kemanunggalan TNI kepada masyarakat nyata terlihat.
“Terkait kekeringan ini, disini ada Satgas berjumlah 90 orang yang berasal dari dan untuk rakyat sehingga kehadiran kami di tengah-tengah masyarakat sepenuhnya membantu mereka.
Bersama-sama nanti kita cari solusinya bagaimana mengatasi kekeringan sumber daya air masyarakat sini,”katanya.

Kegiatan fisik lainnya yang menjadi sasaran program TMMD adalah pembangunan jalan sepanjang 2.158 meter yang menghubungkan Desa Kembang Habang Lama dan Desa Suato Lama Kecamatan Salam Babaris.

Tentunya pembuatan dan pengerasan jalan ini sangat dibutuhkan mengingat jalan yang akan dibangun ini merupakan salah satu sarana transportasi bagi masyarakat untuk melaksanakan kegiatan sehari-sehari mulai dari berkebun karet serta sebagai sarana penghubung antar desa.
Sebagaimana kita kunjungi saat ini, badan jalan sudah jadi, karena ada pra TMMD dilaksanakan sebelumnya.

“Diharapkan pembangunan jalan ini benar-benar membantu masyarakat dan berguna bagi masyarakat,”katanya.

Kepala Desa Suato Lama, Mukani mengatakan,” masyarakat sini merasa bangga sekali terhadap Dandim Kodim 1010 Rantau yang menawarkan jalan ini untuk dibangunkan dalam program TMMD. Kami merasa sangat terbantu dengan kehadiran TNI yang melaksanakan program TMMD di desa kami, bahkan sampai warga yang merelakan sedikit lahan kebunnya untuk pembangunan jalan ini,”katanya.

Reporter Nasrullah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here