Warga Desa Pondok Damar, Pertanyakan Hasil Laboratorium Dugaan Pencemaran Limbah

0
19 views

Wakil Gubernur Habib Said Ismail bersama rombongan melihat langsung kelapangan di desa Pondok Damar, pencemaran limbah sawit milik PT.Mustika Sembuluh beberapa waktu yang lalu. (nal/brt)

Sampit – Pencemaran limbah sawit oleh PT. Mustika Sembuluh yang sempat mencemari sungai desa Pondok Damar dan desa tetangga, Kecamatan Mentaya Hilir Utara (MHU) Bagendang. Kini dipertanyakan warga desa Pondok Damar,sebab hasil lab yang dijanjikan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kotim dua minggu setelah mengambil simple sampai kini tidak tahu hasilnya.

Kades Pondok Damar, Dimas pada itu menjabat juga kebingungan Rabu (01/10) setelah dikonfirmasi oleh infobanua Sampit terkait hasil lab limbah sawit yang mencemari sungai desa Pondok Damar.

Dimas mengatakan bahwa sampai kini belum menerima lab yang pernah dijanjikan oleh DLH sebelumnya, padahal apa disampaikan oleh petugas yang memeriksa air yang tercemar tersebut sempat mengatakan bahwa pengolaan penampungan kolam limbah sawit tidak standar.

Bahkan menurut mereka ketika infobanua Sampit mengikuti jalannya pemeriksaan bersama wakil Gubernur Kalteng Habib Said Ismail beberapa waktu yang lalu, menyebutkan mengakui kalau limbah yang mengalir disungai (anak sungai) di desa Pondok Damar memang tercemar oleh limbah sawit didukung dengan fakta kembali oleh banyaknya ikan yang mati.

“Saya juga bingung kemana kita mempertanyakan hasil itu, sampai kini saya juga tidak mengetahui hasilnya.”Ucap Dimar dihubungi infobanua Sampit melalui telpon selularnya.

Kembali infobanua Sampit, mengkonfirmasi kepada pihak perwakilan perusahaan PT.Mustika Sembuluh, Rahmad melalui telpon selularnya juga tidak mengetahui hasil lab sampai kini. Warga pun menduga kalau kasus pencemaran limbah sawit di desa Pondok Damar, ada yang sengaja untuk menutup nutupi kasus ini untuk tidak kembali muncul kepublik.

Kalau memang itu benar adanya, lalu siapa oknum yang bermain dibelakang (balik layar), dan infobanua Sampit mendapatkan informasi yang belum tahu kebenarannya menyebutkan. Bahwa sanksi pencemaran limbah sawit oleh PT.Mustika Sembuluh hanya sebatas sanksi administrasi saja, lalu bagaimana ancaman sanksi denda sesuai aturan pemerintah kepada pihak perusahaan tersebut.
Zainal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here