Ini Nama Enam Calon Hakim Agung yang Diterima Ketua DPR RI

0
30 views

JAKARTAKetua Komisi Yudisial (KY), Jaja Ahmad Jayus bertandang ke Kompleks Parlemen DPR RI, Kamis (28/11). Ia diterima langsung oleh Ketua DPR RI, Puan Maharani.

 

Dalam pertemuan tersebut, KY dan DPR menggelar rapat konsultasi terkait penyampaian usulan calon hakim agung dan calon hakim adhoc pada Mahkamah Agung.

 

Kami menggelar rapat konsultasi untuk menerima Ketua KY dalam pengajuan calon Hakim Agung dan hakim adhoc MA. Nanti prosesnya insya Allah dilakukan di Komisi III pada masa sidang ini,” ucap Ketua DPR RI, Puan Maharani.

 

Pihaknya mengatakan, proses pencalonan hakim agung dan hakim adhoc akan dilakukan selambat-lambatnya 30 hari kerja setelah pertemuan antara KY dan DPR RI.

 

Penetapannya akan dilakukan setelah semua proses dilalui, fit and proper dan lain-lain. Selambatnya tanggal 5 februari 2020 karena memang seperti itu aturannya,” tambahnya.

 

Dari 75 calon hakim agung, terpilih enam calon, dan 50 pendaftar hakim adhoc Tipikor diseleksi menjadi dua. Selain itu, dari 63 yang mendaftar hakim adhoc hubungan industrial, terdapat dua calon yang masuk dan diajukan ke DPR.

 

Jadi dari 188 calon yang mendaftar, alhamdulillah bisa mempunyai 10 calon yang nantinya di-fit and proper. Ini yang harus kami lakukan karena kebutuhan hakim agung sangat krusial, itu yang bisa saya sampaikan,” tutupnya.

 

Berikut enam nama calon hakim agung yang diserahkan ke DPR:
1. Soesilo, hakim tinggi Pengadilan Tinggi (PT) Banjarmasin
2. Dwi Sugiarto, hakim tinggi PT Denpasar
3. Rahmi Mulyati, panitera muda perdata khusus MA
4. H Busra, Ketua PT Agama Kupang
5. Brigjen TNI Sugeng Sutrisno, hakim militer utama Dilmiltama
6. Sartono, Wakil Ketua III Pengadilan Pajak Bidang Pembinaan dan Pengawasan Kinerja Hakim

Calon hakim ad hoc tindak pidana korupsi:
1. Agus Yunianto, hakim tipikor PN Surabaya
2. Ansori, hakim tipikor PT Sulawesi Tengah

Calon hakim hubungan industrial:
1. Willy Farianto, advokat
2. Sugianto, hakim PN Semarang

OKTA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here