Gerakan Optimalisasi Obor Pangan Lestari Hortikultura Bebas Pestisida

0
16 views

MARTAPURA – Bupati Banjar Khalilurrahman ketika mencanangkan Gerakan Optiimalisasi Pangan Lestari mengajak semua komponen SKPD dikabupaten Banjar sampai ke perangkat paling bawah(desa)mulai sekarang membudidayakan tanaman sehat jenis sayuran dan buah – buahan yang bebas pestisida (organik) untuk mempersiapkan generasi bangsa dimasa depan yang sehat dan kuat serta ber IQ tinggi sebagai bangsa yang maju.

Pangan bergizi berimbang karbohidrat, vitamun dan mineral yang sehat aman konsumsi akan terhindar sari berbagai penyakit yang diakibatkan dari residu kimia yang terkandung salam makanan terutama sayur dan buah buahan segar yang menggunakan pestisida anti hama san penyakit tanaman.

Kepada pegawai si maaing-masing SKPD agar dihalaman rumah masing -masing apapun lahan pekarangan dimanfaatkan untuk tanaman sayur yang sehat sebagai contoh bagi masyarakat sekitar agar tergugah melakukan hal serupa. Pentingnya pangan sehat selain untuk memberikan asupan gizi yang baik, juga dilihat dari sudut ekonomi akan menambah pendapatan rumah tangga. Pencanangan GO-OPAL di lahan pekarangan perkantoran adalah barometer gerakan konsumsi pangan sehat dan apabila produksi melimpah bisa jadi sumber produksi yang dipasarkan dengan harga bersaing.

Tahun 2019 sebagai tahun awal GO-OPAL dan kedepan bukan hanya sifat sementara san ceremonial tetapi berkesinambungan dan lestari. Operasional sosialisasi dan pembinaan di masyarakat secara luas berdampingan dengan PKK di sokong Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Selatan dan BPTP.

Usai Pencanangan Kepala Dinaa Ketahanan Pangan kabupaten Banjar Ir H Eddy Hasby MP menyikapi , bupati siap menindaklanjuti dan GO-OPAL yang dijadikan pilot proyek dihalaman gedung lumbung pangan milik DKP sebagai demplot percontohan Sekolah Lapang Instansi lain masyarakat umum baik kelompok maupun perorangan.

Ayi Kuswana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here