GO-OPAL Galakkan Pemanfaatan Lahan Keluarga dengan Tanaman Hidroponik

0
5 views

MARTAPURA- Pemanfaatan Lahan Pekarangan Optimalkan Sebagai Sumber Pangan Dan Gizi Keluarga.

Kegiatan yang dikemas dengan nama Obor Pangan Lestari (OPAL) ini memiliki misi agar masyarakat dengan lahan sekecil apapun dapat berbudidaya berbagai tanaman.

Seperti yang dikatakan dalam sambutan Bupati Banjar agar masyarakat menggalakkan Gerakan Optimalisasi Obor Pangan Lestari (GO-OPAL) di pekarangan kantor, sekolah-sekolah, rumah yang selama ini belum termanfaatkan secara optimal, agar dapat dimanfaatkan sekarang juga, bisa dengan cara menanam hidroponik, menggunakan pot-pot atau dengan polibek apabila pekarangan itu sempit.

“Dengan dimulainya SKPD Pemerintah/swasta dalam melakukan kegiatan OPAL ini, diharapkan masyarakat juga akan melakukan/mencontoh gerakan ini yaitu memanfaatkan lahan pekarangan/halaman rumah sehingga untuk pemenuhan pangan dan gizi keluarga” Ujar K.H. Khalilurrahman orang nomor satu di kabupaten Banjar saat meninjau sekaligus menggalakkan Gerakan Optimalisasi Obor Pangan Lestari (GO-OPAL) di lahan Lumbung Pangan Kabupaten Banjar, Desa Bincau, Martapura, Kalimantan Selatan, Selasa (26/11). Pagi.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Banjar , Eddy Hasby mengungkapkan dengan adanya GO-OPAL ini bisa membantu perekonomian masyarakat dengan memanfaatkan halaman.

“Alhamdulillah bapak bupati berkenan datang di acara GO- OPAL dengan Prinsif kita bergerak dengan harmoni, integrasi , sinkronisasi , program maupun pendanaan suapaya terwujud membantu perekonomian masyarakat”tandasnya.

Di kesempatan yang sama Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Selatan Suparno menyampaikan bahwa di setiap 13 Kabupaten/ kota di Kalsel kita lokasikan dana untuk kegiatan GO-OPAL dan di Kabupaten Banjar sendiri ada Tiga Dinas yaitu , Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Tanaman Pangan dan Holtikoktura, Dinas Perkebunan dan Peternakan.

” Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalsel siap mengusahan dana APBN maupun APBD untuk meluncur ke Kabupaten/Kota , kami hanya mempasilitasi yang melaksanakannya Kabupaten/kota ” Tegasnya.

Dalam acara tersebut dihadiri Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Banjar, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Selatan , Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Banjar, Kepala Bappeda Litbang , serta para tamu undangan dari penyuluh dan kelompok tani.

Ratno Timur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here