Kerja Sama Handbook Teknik Pendakian Gunung dengan UIAA dan Petzl Foundation Diteken

0
9 views
 
CYPRUS-PP Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) meneken surat perjanjian UIAA-Petzl Foundation Handbook dengan Federasi Panjat Tebing dan Pendakian Gunung atau International Climbing and Mountaineering Federation (UIAA) yang diwakili Presiden UIAA Frits Vrijlandt dan Petzl Foundation yang diwakili Sekretaris Jenderal Olivier Moret. Kerja sama ini terkait buku pegangan teknik pendakian gunung. Penandatangan ini dilakukan oleh Ketum PP FPTI Faisol Riza.
Sekretaris Umum PP FPTI Sapto Hardiono mengungkapkan Petzl Foundation yang bekerja bersama dengan UIAA telah menerbitkan sebuah buku pegangan tentang teknik pendakian gunung berjudul “Mémento” atau “Alpine Skills Summer” yang saat ini tersedia dalam bahasa Prancis dan dalam bahasa Inggris. “Dalam upaya untuk membantu menciptakan standar pelatihan dan mempromosikan praktik-praktik yang baik dan seragam dalam manajemen risiko dengan UIAA dan federasi pendakian gunung nasional, buku pegangan akan diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia,” kata dia, Minggu (3/11/2019).
Ia mengungkapkan FPTI telah setuju untuk melakukan terjemahan ini dan bekerja dengan UIAA dan Petzl Foundation berdasarkan syarat dan ketentuan yang ditetapkan. FPTI setuju untuk menyediakan layanan terjemahan tanpa kompensasi uang. Dalam melakukannya, FPTI menyatakan orang-orang yang menyediakan layanan terjemahan memiliki kemampuan dan kapasitas untuk menerjemahkan buku pegangan secara akurat dan dalam jangka waktu yang disepakati oleh para pihak.
Mengenai kepemilikan buku pegangan tersebut, FPTI setuju UIAA dan Petzl Foundation tetap mempertahankan hak kekayaan intelektual tunggal dan eksklusif atas buku pegangan dan karya terjemahan. FPTI tidak akan mengklaim kepemilikan apapun atas buku pegangan atau karya terjemahan dan tidak akan mencoba untuk melisensikan atau mengklaim hak-hak atas buku pegangan dengan cara apapun.
“FPTI dengan ini setuju untuk tidak menyesuaikan, memodifikasi, mengubah, menuliskan, atau memperbarui bagian manapun dari buku pegangan ini tanpa persetujuan tertulis dari penulis, dan FPTI tidak akan memindai buku pegangan atau menghubungkannya dengan perangkat lunak apapun, basis data, atau produk IT atau internet lainnya,” kata dia.
FPTI mengakui dan menyetujui Petzl Foundation dapat menggunakan karya terjemahan dengan cara apapun dan untuk apapun sesuai peruntukannya. Dalam pertimbangan terjemahan FPTI dari buku pegangan, Petzl Foundation setuju mengizinkan FPTI menggunakan Buku Pegangan sesuai peruntukannya, termasuk mencetak ulang salinan untuk distribusi.
Karena distribusi tidak akan menjadi operasi komersial, dan buku-buku itu bukan properti komersial, FPTI dapat mendistribusikan buku pegangan atau menjualnya hanya dengan laba sedang pada harga jual dengan maksimum 20% dari harga pembelian, hanya untuk anggota federasi dan klub pendukungnya saja. Harga pembelian termasuk biaya cetak asli ditambah biaya pengiriman.
Namun, setiap hasil dari penjualan atau distribusi buku pegangan harus langsung ke program pelatihan FPTI, dan tidak ada individu atau entitas lain yang tidak berhak memiliki hak untuk mempertahankan hasil apapun darinya. Baik UIAA maupun Petzl Foundation tidak mengenakan biaya royalti untuk bahan asli. Namun, pungutan kecil satu euro dibebankan untuk setiap salinan yang diterbitkan. Retribusi ini akan dikompensasikan dengan biaya operasi Panel Pelatihan UIAA.
Penggunaan buku pegangan oleh Federasi harus dikombinasikan dengan program pelatihan, yang sejalan dengan standar UIAA, atau di bawah pengawasan instruktur terlatih dari Federasi. FPTI setuju untuk tidak menjual atau mendistribusikan buku pegangan keluar dari negaranya tetapi dapat menjual kepada federasi lain atau asosiasi pegunungan untuk dibagikan kepada anggota mereka.
Federasi berwenang untuk mencetak sebanyak mungkin salinan yang diperlukan untuk penggunaannya sesuai persetujuan UIAA dan Petzl Foundation. FPTI dengan ini setuju untuk membagikan karya terjemahan dengan semua federasi anggota UIAA lainnya yang memerlukan buku pegangan dalam bahasa yang bersangkutan. Hal ini sejalan dengan tujuan mendasar dari buku pegangan ini untuk mempromosikan standar pelatihan UIAA.
UIAA juga mengusulkan untuk mendistribusikan semua versi buku pegangan sebagai aplikasi digital, tersedia online untuk diunduh. Jika FPTI ingin memiliki versi aplikasi digital dari edisi FPTI, itu bisa dimasukkan ke platform ini. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here