Sosialisasi Program “Bekerja” di Kecamatan Paminggir Amuntai

0
20 views

Kegiatan  sosialisai program bedah kemiskinan rakyat sejahtera (bekerja) berbasis pertanian tahun anggaran 2019 dan pembentukan unit pengelola keuangan kegiatan (upkk) dilaksanakan pada hari jumat, 27 september 2019  bertempat  di aula kantor camat paminggir.

Kepala dinas pertanian kabupaten hulu sungai utara yang diwakilkan kepala bidang peternakan Akhmad Nijani spt, kepala Balai Pembibitan Ternak Unggul (BPTU) pelaihari drh Gigih Tripambudi, camat paminggir M Hanafi ssos  dan kepala unit BRI Danau Panggang. serta dihadiri undangan dari  babinsa, koordinator BPP, calon RTM dan kepala desa  bersama aparat desa sekecamatan Paminggir.

Sambutan Camat Paminggir yang sekaligus membuka secara resmi kegiatan tersebut, sementara itu, camat berharap melalui program berkerja yaitu bedah kemiskinan rakyat sejahtera ini diharapkan RTM di Kecamatan Paminggir bisa berhasil meningkatkan kesejahteraan mereka ,pada saat pelaksanaan nanti, kita sudah siap dalam segala hal, dan yang paling penting lagi yaitu tepat sasaran untuk rtm yang bergerak di bidang pertanian,” ucapnya.

Kades dan aparat desa bisa membantu memaksimalkan program ini, khususnya dalam pendataan dan mensosialisasikan program ‘bekerja’ dengan baik dan tepat sasaran.

“Agar RTM di Kecamatan Paminggir dengan adanya program ini, sehingga dari keluarga miskin menjadi keluarga sejahtera,” tandasnya.

Selanjutdinas pertanian bidang peternakan menjelaskan, sehubungan dengan program bedah kemiskinan rakyat sejahtera (bekerja) berbasis pertanian kementerian pertanian tahun 2019 yang dilaksanakan pada 7 (tujuh) kabupaten/kota di provinsi kalimantan selatan.

Kabupaten Hulu Sungai Utara sebagai salah satu lokasi penerima program bekerja tahun 2019 terdiri dari 5 kecamatan yaitu Sungai Tabukan, Amuntai Utara, Banjang, Sungai Pandan dan Pamingggir  dengan jumlah rumah tangga miskin  3.823 yang akan mendapatkan rencana alokasi bantuan hibah senilai Rp11.325.637.500 dari hasil verifikasi RTM untuk Kecamatan Paminggir hanya 5 desa yaitu Paminggir, Paminggir Sebrang, Sapala, Bararawa dan Tampakang berjumlah  45 rumah tangga miskin.

Sementara itu dari balai pembibitan ternak unggul (BPTU) pelaihari menyampaikan, dalam program bekerja setiap rumah tangga miskin akan menerima bantuan 50 ekor itik, bantuan pakan 150 kg per rtm berupa pakan komplit produksi pabrikan, dengan bantuan biaya kandang sekitar Rp500.000, per RTM serta bantuan obat-obatan paket @ Rp75.000,- per RTM.

KrIteria penerima bantuan dikatakan sudah dilakukan tahap verifikasi diantaranya RTM terdaftar pada data terpadu program penanganan fakir miskin yang ditetapkan kementerian sosial, kepala keluarga bekerja dibidang pertanian, tersedia lahan untuk kandang ternak bantuan disekitar tempat tinggal atau mengelompok dan bersedia menerima,  memelihara serta tidak mengalihkan kepemilikan paket bantuan.

Dari hasil pertemuan tersebut juga dilakukan pembentukan unit pengelola keuangan kegiatan (UPKK)  dan pemberkasan dengan bank rakyat indonesia (BRI) Unit Danau Pangggang dengan syarat calon anggota UPKK diharapkan membawa surat usulan UPKK dari kepala desa, fotokopi kartu keluarga dan fotokopi KTP.

Rel/IB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here