Wakapolda Minta Brimob Maluku Utara Profesional dan jadi Kebanggaan

0
18 views

TERNATE,Korps brigade mobile (Brimob) Polda Maluku Utara (Malut) memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Korps Brimob Polri ke-74 yang berlangsung di lapangan Ngara Lamo Salero, kelurahan soa sio kecamatan Ternate Utara Provinsi Malut Pada Rabu, (14/11/2019).

Upacara Dirgahayu tersebut di pimpin oleh Wakapolda Malut, Lukas Akbar Abriari dan di hadiri oleh seluruh forum komunikasi pimpinan daerah di lingkup Ternate dan Provinsi serta Pejabat utama Polda Malut.

Amanat kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Jenderal Polisi Drs. Idham Azis, M.SI, yang di sampaikan oleh Wakapolda Malut Kombes Pol Lukas Akbar Abriari dalam sambutannya, bahwa melalui momentum Hut ini atas nama kepolisian Negara Republik Indonesia mengucapkan selamat Hut ke-74 Korps Brimob Polri kepada 41.170 personel Brimob di manapun berada.

“Semoga Brimob Polri semakin profesional, unggul dan senantiasa menjadi kebanggaan Masyarakat Bangsa dan Negara,” kata Wakapolda mengutip pernyataan Kapolri.

Dalam momentum ini juga, Kapolri melalui Wakapolda Malut menyampaikan bela sungkawa atas gugurnya personel Brimob dalam berbagai penugasan menjaga NKRI. Dengan berbagai penugasan tersebut Brimob Polri telah menunjukkan eksistensinnya, yaitu keberhasilan mendukung pengamanan pilpres dan pileg serentak tahun 2019, penanggulangan aksi-aksi Terorisme, Pengamanan operasi Ketupat 2019, aksi unjuk rasa di Bawasku pada Mei 2019, unjuk rasa terkait isu papua dan unjuk rasa penolakan berbagai UU dengan jumlah massa sangat besar dalam beberapa bulan terakhir ini.

“Olehnya itu saya juga mengapresiasi peran aktif Brimob yang bergerak cepat dalam membantu penanganan dampak bencana tsunami di Banten dan Lampung, menanggulangi konflik sosial di Papua dan Papua Barat, serta mendukung penegakan hukum terhadap kelompok kriminal bersenjata di Papua sehingga stabilitas Kamdagri dapat senantiasa terkendali,” ungkap Wakapolda.

Kapolri melalui Wakapolda juga mengingatkan, berbagai tantangan tugas ke depan yang akan dihadapi, antara lain pelaksanaan Operasi Lilin 2019, Pilkada serentak tahun 2020 di 270 wilayah, yang terdiri dari 9 Provinsi, 224 Kabupaten dan 37 Kota, serta PON ke-20 yang akan berlangsung di Papua.

“Setiap tantangan tersebut memiliki karakteristik dan potensi kerawanan yang khas dalam pelaksanaannya. Berkaitan dengan hal tersebut, saya selaku pimpinan Polri sangat mengharapkan dukungan penuh para personel Brimob, untuk menyelesaikan berbagai tantangan tugas penting yang dibebankan negara kepada Polri. Sebagaimana tema yang diangkat dalam peringatan hari ulang tahun ke-74 Korps Brimbo Polri tahun 2019, “Brimob Untuk indonesia” tutur Wakapolda.

Dalam sambutannya, Kapolri juga memberikan beberapa penekanan yang harus dipedomani dan dilaksanakan, yakni terus tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah dengan penuh kesungguhan dan keikhlasan;

“Terus menjaga kehormatan pribadi, kesatuan dan institusi polri, dengan menghindari diri dari berbagai pelanggaran yang dapat menurunkan kepercayaan masyarakat terhadap institusi polri, tingkatkan soliditas dan sinergitas dengan personel TNI di semua tingkatan, kembangkan kerja sama dan kolaborasi dengan seluruh elemen bangsa, pemangku kepentingan dan masyarakat, baik dalam pelaksanaan tugas maupun dalam kehidupan seharl-hari,” pesan Kapolri melalui Wakapolda Malut.

Kapolri juga meminta seluruh Korps Brimob untuk terus belajar dan berlatih guna meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam rangka mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas serta terus pelihara kesiapsiagaan personel sarana dan prasarana pendukung serta persiapkan rencana dengan optimal dalam setiap tugas yang diberikan.

hanna

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.