Sayed Jafar: Perayaan Hari Kepercayaan Kaharingan 2020 Dibiayai Pemkab Kotabaru

0
90 views

Kotabaru- Bupati Kotabaru Sayed Jaffar secara khusus menghadiri acara peringatan syukuran 2 tahun hari Kepercayaan Kaharingan di Desa Buluh Kuning Kecamatan Sungai Durian, Jumat (13/12/ 2019).

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Kotabaru memberikan bantuan penyelenggaraan peringatan syukuran kepada panitia. Sukirman Ketua Umum DMP MUKKI dalam sambutannya mengatakan, bahwa acara ini menjadi catatan sejarah bagi Pemkab Kotabaru bahwa karena acara ini juga sekaligus perayaan ulang tahun DMP Mukki Kotabaru. “Kepercayaan Kaharingan yang telah dibimbing dan dibantu tenaga dan pikiran kami tidak dapat di lupakan dukungan Pemkab Kotabaru,” ujarnya.

Perlu diketahui, Majelis kaharingan ini beroeran aktif dalam menjaga kedamaian dan menjunjung tinggi nilai nilai kebhinikaan dalam bingkai persatuan indonesia.

Dalam sambutannya Ketua Umum Adat Dayak Kalsel Defriadi Drajat berharap, agar masyrakat dayak tetap melaksanakan pendidikan. “Masyarakat yang berada di wilayah wilayah untuk tidak meninggalkan pendidikan, karena merupakan masa depan kita,” ujarnya.

Sementara Bupati Kotabaru menyampaikan bahwa acara serupa yang akan datang akan di backup oleh Pemkab Kotabaru pada saat ulang tahun yang ke 3 nanti.

“Saya berada didepan untuk menkoordinir langsung dan mari kita bangun kebersamaan antar sesama agar kita kokoh dan kuat karna pusat Kaharingan Indonesia berpusat di Kabupaten Kotabaru,” tegasnya.

Dalam acara syukuran itu Bupati Kotabaru menyerahkan bantuan pembangunan dan perabotan TKN pembina Sungai Durian dan menyerahkan bantuan fasilitas PAUD.

Adapun rankaian acaranya, diawali dengan penampilan tarian binuang garantung dari adat dayak hampang,Tarian penyambutan jihi pembelum dari Dewan Adat Dayak Kalsel, menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, serta ditutup dengan atraksi tarian Balalap Api dari Desa Batuah Kecamatan Pamukan Barat.

Turut hadir dalam acara tersebut Kapolres Kotabaru, Dandim Kotabaru, Danlanal Kotabaru, kepala SKPD, ketua DAD Kalsel, Camat Sungai Durian beserta jajaran para pemuka agama dan adat, serta ratusan warga yang antusias hadir pada acara tersebut.

gajali rahman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here