BPJS Kesehatan Bersinergi Bersama Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan, Wujudkan JKN-KIS Yang Optimal

0
6 views

BANJARMASIN – Sebagai upaya mengoptimalkan kepesertaan Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), BPJS Kesehatan terus menjalin sinergi dengan semua stakeholder yang dapat memberikan dukungan untuk keberlangsungan program strategis milik pemerintah ini. Sinergi tersebut salah satunya adalah BPJS Kesehatan bekerja sama dengan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan dalam hal penyelenggaraan Program JKN-KIS bagi calon jamaah haji dan petugas haji di wilayah Provinsi Kalimantan Selatan.

Sinergi tersebut ditandai dengan penandatanganan perjanjian yang diselenggarakan di Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan, Senin (25/11/2019). Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan Noor Fahmi mengatakan, kerja sama ini merupakan bentuk komitmennya untuk meringankan beban seluruh calon jamaah haji dan petugas haji dengan memastikan mereka telah memiliki jaminan kesehatan.

“Penandatanganan perjanjian hari ini sebenarnya merupakan penandatanganan addendum dari kerja sama sebelumnya. Kami telah bersinergi untuk penyelenggaraan Program JKN-KIS ini sejak tahun 2017 lalu. Melalui penandatanganan ini Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan memberikan komitmennya untuk memastikan setiap calon jamaah haji telah tercover pada program ini dengan menjadikannya salah satu syarat yang harus dipenuhi calon jamaah apabila hendak melaksanakan ibadah haji,“ kata Fahmi.

Fahmi menerangkan, pihaknya telah memberikan edukasi dan pemahaman kepada seluruh calon jamaah haji untuk betapa pentingnya untuk mendaftarkan diri menjadi peserta Program JKN-KIS. “Program ini perannya sangat besar terhadap kemaslahatan setiap calon jamaah. Seperti yang kita ketahui untuk melaksanakan ibadah haji selain menyiapkan materi, calon jamaah harus menyiapkan mental dan fisik karena lokasi tempat ibadah yang jauh dan perbedaan iklim cuaca. Tak jarang kondisi tubuh menurun karena badan belum mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru. Dan tak jarang pula para jamaah harus kembali memikirkan biaya untuk kesehatannya setelah kembali dari ibadah. Oleh karenanya dengan adanya program ini setidaknya dapat membantu meringankan beban calon jamaah haji dan pertugas haji sehingga mereka dapat lebih fokus mempersiapkan jalannya ibadah haji,” tambah Fahmi.

Deputi Direksi Wilayah Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Utara BPJS Kesehatan Irfan Humaidi menyampaikan, terima kasih dan apresiasi terhadap komitmen yang telah diberikan Kanwil Kemenag Provinsi Kalimantan Selatan. “Terima kasih terhadap Kanwil Kemenag Provinsi Kalimantan Selatan atas komitmennya membantu suksesnya Program JKN-KIS. Pastinya kami siap untuk mendukung terhadap maksud mulia untuk memberikan kepastian terhadap setiap calon jamaah haji menjadi peserta JKN-KIS, baik dalam hal pemberian kemudahan informasi maupun pelayanan Program JKN-KIS,” ujar Irfan.

KA/gn/IB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here