Fenomena Gerhana Matahari Cincin, Ketua PCNU Inhil Anjurkan Umat Muslim Perbanyak Dzikir dan Istighfar

0
90 views

Ketua Pengurus Cabang Nahdatul Ulama (PCNU) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), DR. H. Ali Azhar, S.Sos, MH menganjurkan umat muslim, khususnya di Kabupaten Inhil untuk memperbanyak dzikir dan istighfar dalam menyambut fenomena Gerhana, seperti Gerhana Matahari Cincin (GMC) yang diperkirakan akan terjadi besok, 26 Desember 2019.

Gerhana matahari diperkirakan akan kembali terjadi di wilayah Indonesia. Berdasarkan data astronomis bahwa pada Kamis, 26 Desember 2019 bertepatan 29 Rabiul Akhir 1441 H, di wilayah Indonesia akan terjadi Gerhana Matahari Cincin (GMC).

Terdapat 7 Provinsi di wilayah Indonesia yang dapat menikmati fenomena langka, yang mana diketahui, Provinsi Riau menjadi salah satunya. Meski tidak dilewati secara langsung oleh Gerhana Matahari Cincin (GMC), masyarakat Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) masih akan dapat melihat gerhana matahari berupa Gerhana Matahari Sebagian.

Beberapa daerah di Provinsi Riau yang akan dapat melihat dengan jelas fenomena 300 tahun sekali ini, diketahui ialah Kabupaten Siak, Kota Dumai dan Kabupaten Bengkalis.

“Sebenarnya, fenomena gerhana ini momen bagi kita, khususnya umat muslim untuk meningkatkan hubungan vertikal dengan Allah SWT,” pungkas Ustadz Ali Azhar melalui sambungan seluler, Rabu (25/12/2019) sore.

Pada prinsipnya, dalam setiap fenomena alam yang terjadi, diungkapkan Ali Azhar merupakan sebuah kebesaran Allah SWT. Dalam setiap kejadian tersebut, seperti halnya Gerhana Matahari Cincin (GMC) akan ada hikmah bagi setia umat Muslim.

“Jadikan fenomena gerhana yang merupakan kebesaran Allah SWT sebagai momentum untuk kita mendekatkan diri pada-Nya. Imbas positifnya akan ada hikmah dan berkah yang kita terima setelah fenomena ini,” tutur Ali Azhar yang juga merupakan seorang dosen pada salah satu perguruan tinggi di Kabupaten Inhil.

Sang Ustadz juga berharap agar seluruh elemen masyarakat, terutama pengurus Masjid, Mushalla dan Majelis Taklim dapat mengimbau jamaahnya untuk mendengarkan khutbah gerhana sekaligus bertasbih, bertahmid serta bertahlil sebagaimana anjuran Sunnah dalam menyaksikan fenomena langka seperti Gerhana Matahari Cincin (GMC) ini.

Berikut prediksi rangkaian Fase Gerhana Matahari Cincin (GMC) secara Global:

1) Gerhana Matahari Sebagian Mulai: 09:29:44 WIB.

2) Gerhana Matahari Cincin Mulai: 10:34:24 WIB.

3) Tengah Gerhana Matahari Cincin: 12:17:36 WIB.

4) Gerhana Matahari Cincin Berakhir: 14:00:54 WIB.

5) Gerhana Matahari Sebagian Berakhir: 15:05:36 WIB.

Sandy

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here