Gerhana Matahari Cincin di Singkawang Jadi Even Pariwisata

0
8 views

Wali Kota Singkawang, Kapolda Kalbar, Wali Kota Pontianak bersama rombongan saat menyaksikan GMC melalui kacamata gerhana

Singkawang, Info Banua – Acara penyambutan fenomena alam Gerhana Matahari Cincin (GMC) di Kota Singkawang berlangsung meriah, Kamis (26/12).

Terlebih acara tersebut, dirangkai dengan berbagai kegiatan budaya dan kuliner yang disiapkan Pemkot Singkawang.

Selain dihadiri Wali Kota dan Wakil Wali Kota Singkawang, acara tersebut juga dihadiri Kapolda Kalbar, Wali Kota Pontianak, Kepala Kanwil Kantor Kemenag Provinsi Kalbar dan Forkopimda Kota Singkawang.

Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie mengatakan, fenomena alam yang terjadi di Singkawang merupakan anugerah Tuhan yang luar biasa bagi masyarakat Singkawang.

“Sehingga dalam acara ini Pemkot Singkawang berupaya untuk mengemasnya dengan berbagai kegiatan sehingga bisa menjadi even pariwisata sekaligus untuk mempromosikan Kota Singkawang kepada dunia,” katanya.

Fenomena alam yang terjadi, katanya, sekaligus bisa menjadikan edukasi dan pembelajaran bagi siswa siswi untuk mengetahui proses fenomena Gerhana Matahari Cincin, sehingga siswa siswi bisa lebih mencintai alam melalui fenomena ini.

Sekretaris Utama LAPAN Nasional, Erna Sri Adiningsih mengatakan, dari sisi Antariksa fenomena GMC sebenarnya suatu fenomena yang bisa dipahami dan diprediksi.

“Sehingga masyarakat perlu mendapatkan edukasi dan pemahaman bahwa fenomena GMC ini merupakan suatu kejadian yang sangat langka dan bisa dilihat dengan aman dengan menggunakan kacamata gerhana,” katanya.

Melalui fenomena ini, menurutnya bisa sekaligus dijadikan potensi wisata bagi daerah yang dilintasi Gerhana Matahari Cincin, yang salah satunya Kota Singkawang.

“Sehingga LAPAN bekerjasama dengan Pemkot Singkawang dalam menyambut fenomena GMC ini,” ujarnya.

Dalam menyambutnya pula, LAPAN Nasional telah memasang beberapa peralatan diantaranya teropong matahari, planetarium mini dan lain-lain.

“Sementara tim yang didatangkan ke Kota Singkawang berjumlah 20 orang,” ungkapnya.

Sementara Anggota DPRD Singkawang, Muhammadin mengatakan, melalui even ini menjadikan Singkawang sebagai salah satu kota pariwisata yang sungguh istimewa Allah berikan.

“Sebagai umat muslim, kita harus bersyukur dengan apa yang telah diberikan Allah SWT, dengan bersama-sama melaksanakan sholat gerhana untuk memanjatkan doa kepada Allah dalam hal untuk kebaikan bagi Kota Singkawang agar lebih maju kedepannya,” katanya. (RH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.