Go Opal Siapkan Pangan Sehat

0
11 views

Gerakan Optimalisasi Obor Pangan Lestari (GO-OPAL) yang mirip dengan program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) dalam aplikasi lapangannya ,debutan baru penyedia pangan sehat tahun 2019 merupakan rancangan ruang pangan sehat yang digagas Badan Ketahanan Pangan kementerian Pertanian berupa budiaya pangan organik di areal perkantoran, yang tujuannya memberi contoh kepada masyarakat dalam hal pemanfaatan lahan pekarangan sebagai sumber pangan dan gizi keluarga.

GO- OPAL yang dikelola Dinas Ketahanan Pangan kabupaten Banjar yang disokong Dinas Ketahanan Pangan provinsi Kalimantan Selatan serta dibidang teknologi di bimbing Balai Pengkajian dan Teknologi Pertanian (BPTP) Balitbangtan Kalsel di kawasan perkantoran Bincau, Selasa (26/11/2019) di canangkan bupati Banjar K.H.Khalilurrahman sekaligus panen sayur oleh ketua PKK kabupaten Banjar Hj Raudathul Wardiyah Khalilurrahman.

Bupati mengajak seluruh perangkat SKPD di wilayahnya memanfaatkan lahan dikawasan perkantoran dan di rumah rumah PNS membudidayakan sayur mayur dan buah buahan tanpa pestisida/organik untuk memberikan contoh kepada masyarakat disekitarnya. Pangan bebas pestisida/organik dan sehat, bergizi sebagai langkah menuju masyarakat sehat, kuat dan cerdas termasuk juga bagian dari program bebas stunting yang dimulai dari asupan gizi yang baik di lingkungan Rumah Tangga.

Kepada organisasi wanita dalam hal ini PKK sampai ke tingkat desa, bupati meminta bergerak seirama dengan Dinas Ketahanan Pangan melakukan sosialisasi agar masyarakat tergerak untuk melakukan kegiatan yang sama memanfaatkan pekarangan dengan tanaman pangan sehat jenis sayur mayur, karena selain ketersediaan pangan ada di sekitar pekarangan, juga akan meringankan beban ekonomi, karena pasar sudah menanti.
Ketua PKK kabupaen Banjar Hj Raudathul Wardiyah Khalilurrahman dalam menyikapi persaingan ekonomi rumah tangga dengan pedagang bakulan, akan bersinergi menjadi usaha rumah tangga saling menguntungkan, karena pedagang bakulan akan mencari sayur segar dan sehat ke lingkungan rumahtangga untuk diperjualbelikan ke konsumen, disamping itu apabila produksi melimpah pasar sudah menanti.

Untuk itu semangat PKK dalam GO-OPAL akan terus dikembangkan sampai kepedesaan. Demikian pula Kepala DKP Banjar Ir H Edy Hasby MP, siap terbang dalam hal ini melebarkan sayap mensosialisasikan GO-OPAL sesuai tugas dan fungsnya bersama – sama PKK dengan para instruktur para penyuluh dijajarannya.

GO-OPAL di pekarangan gudang pangan milik Dinas Ketahanan Pangan di desa Bincau dijadikan kebun percontohan sebagai tempat konsultasi dan belajar masyarakat umum . Budidaya pangan sehat yang dikembangkan di pekarangan lumbung pangan DKP, selain berbagai jenis sayuran, juga rumah jamur tiram putih, dan budidaya sayur tanpa media tanah atau sistem hidroponik,serta rumah bibit

Ayi Kuswana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here