Hari Armada RI tahun 2019 Lanal Kotabaru Ajak Gemar Makan Ikan

0
25 views

KOTABARU = Indonesia sebagai negara kepulauan, memiliki potensi perikanan yang harus dimanfaatkan secara optimal dan lestari untuk bangsa. Seiring dengan peringatan Hari Armada Republik Indonesia ke-74 yang diperingati 5 Desember 2019 mendatang, terpusat di Siring Laut pagi ini Lanal Kotabaru gelar serangkaian acara untuk memperingati Hari Armada RI yang dikemas dengan tema “Memasyarakatkan Gemar Makan Ikan Sejak Usia Dini”. Minggu (1/12/2010).

Rangkaian Hari Armada RI tahun ini digagas Danlanal Kotabaru Letkol Laut (P) Guruh Dwi Yudhanto S. S.T., diarahkan pada sektor kelautan dimulai peran TNI AL melalui bidang Pembinaan Potensi Maritim (Binpotmar) yang memiliki peran penting terhadap pembinaan masyarakat maritim yang didalamnya ada fungsi pembinaan nelayan, ikan hasil tangkapan nelayan memiliki sumber protein tinggi yang sangat baik dikonsumsi anak-anak diusia dini dalam pemenuhan gizi. \

Makna dan tujuan acara ini mengandung dimaknai untuk menyatukan fungsi dan peran TNI Angkatan Laut dalam pembinaan masyarakat maritim guna mensukseskan program pemerintah RI Hari Ikan Nasional yang dicanangkan Presiden RI ke-6 tahun 2014 yang bertujuan meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan mendukung ketahanan pangan dan gizi nasional.

Tahun ini TNI Angkatan Laut sudah membentuk para Bintara-bintara Pembina Potensi Maritim (Babinpotmar) yang tersebar di seluruh Nusantara, Babinpotmar sejajar dengan Babinsa dan Babinkantibmas yang berkedudukan di tiap-tiap Pos Pengamat TNI Angkatan Laut (Posal) yang salah satunya program kerja memberikan penyuluhan tentang pemanfaatan sumber daya laut khususnya penangkapan ikan dengan tidak merusak ekosistem laut lainnya, jelas Letkol Laut (P) Guruh.

Kelompok nelayan Insan dan Organisasi Pedagang Ikan dan Nelayan (OPIN) turut mendukung suksesnya acara yang digagas oleh Lanal Kotabaru, dan siap ikut serta mensukseskan program Pemerintah untuk gemar makan ikan.

Banyak nilai positif dalam event Gemar Makan Ikan, ada faktor edukatif yang diajarkan oleh kelompok nelayan seperti bagaimana memanfaatkan ikan secara benar, sehingga bisa dikonsumsi sebagai makanan tambahan bagi anak-anak agar gemar mengkonsumsi ikan. Melalui perlombaan tarik tambang yang ikuti oleh para nelayan membawa dampak positif pula sebagai wadah untuk meningkatkan kerukunan para nelayan dan persatuan dalam membangun kekuatan di laut.

Tidak luput dari pandangan masyarakat Kotabaru pada seison Open Ship, hilir mudik silih berganti masyarakat mengunjungi melihat dari dekat salah satu kekuatan Armada RI Kapal Angkatan Laut (KAL) Kelambau II-13-49 yang berpangkalan aju di Kotabaru ini merupakan bagian dari unsur Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT).

Berbagai seragam TNI Angkatan Laut juga ditampilkan sebagai ajang dan sarana promosi menarik minat dan bakat para pemuda Kotabaru yang mana kedepan diawal tahun 2020 Lanal Kotabaru membuka pendaftaran memberikan kesempatan para generasi muda Kotabaru untuk ikut seleksi masuk calon Tamtama TNI Angkatan Laut bergabung menjadi ksatria bahari muda penjaga samudra Nusantara menuju World Class Navy sebagai poros maritim dunia. [PEN|lanal.KBU]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here