LAPSUS HARI JADI HST ke-60: Pemkab HST Programkan Beasiswa ke Luar Negeri untuk Santri Berprestasi

0
6 views

Barabai, infobanua– Hari ini Rabu (24/12/2019) Pemkab HST genap berusia 60 tahun. Beberapa capaian pembangunan sudah dilakukan. Termasuk pemberdayaan kualitas SDM, dalam kepemimpinan Bupati HST Drs HA Chairansyah memprogramkan Beasiswa untuk santri berprestasi belajar ke luar negeri. Bahkan program ini diharapkan bisa diteruskan oleh Bupati HST berikutnya. Karena sangat bermanfaat untuk menunjang kualitas SDM di HST.   

Guna meningkatkan kualitas SDM. Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah melakukan gebrakan, dengan memberikan beasiswa kepada santri dari keluarga tak mampu untuk melanjutkan belajar keluar negeri khusunya di Timur Tengah.

Hal itu untuk kaderisasi dan regenerasi ulama yang nantinya akan mencetak generasiyang berjiwa agamis mampu menyeberluaskan agama Islam khususnya di Bumi Murakata.

Pada tahun 2018, Pemkab memberikan beasiswa kepada 9 santri 7 ke Yaman dan 2 ke Mesir.  Tahun 2019, mengirim 3 santri ,1  ke Yaman dan 2 santri ke Mesir. Sehinga total beasiswa yang diberikan terhadap santri asal HST berjumlah 12 orang.

Bupati HST berharap program beasiswa kepada para santri-santri berprestasi dari pondok-pondok pesantren yangingin belajar ke luar negeri tersebut bertujuan untuk regenerasi ulama di HST.

Dalam rinciannya Pemkab HST sudah memberikan beasiswa kepada 6 santri /yaitu lima orang keYaman dan satu orang ke Mesir, dan tahun 2018 kemarin kembali memberikan beasiswa kepadatiga orang santri, satu orang ke Yaman dan dua orang ke Mesir.

“Sehingga saat ini sudah ada 9 santri berprestasi yang menjalankan pendidikannya di luar negeri,enam orang di Mesir dan tiga orang di Yaman, dan tahun 2019 ini kita targetkan akan kembalimemberikan beasiswa untuk lima orang santri,” terangnya.

Terkait   persyaratan   santri   yang   mendapatkan   beasiswa, Akhmadi menerangkan, harus lulus seleksi dan mendapatkan rekomendasi dari   pondok   pesantren   yang   bersangkutan   dan   dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten HST. (*)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here