Mardani H. Maming: Ketergantungan BBM Impor Harus Dikurangi

0
5 views

Ketua Umum Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP HIPMI), Mardani H. Maming mendukung program memperkuat pasar domestik, agar pasar alternatif siap menyerap produksi kelapa sawit untuk diolah menjadi biodiesel.

“Kita dukung penyerapan CPO (Crude Palm Oil) dari B-20, B-30, hingga B-100, sekaligus mengurangi ketergantungan kita akan Bahan Bakar Minyak (BBM) impor yang masih sangat tinggi,” ujar Mardani H. Maming yang merupakan Mantan Bupati Tanah Bumbu Kalsel ini, Sabtu (30/11/19).
Sebagaimana diketahui Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat penurunan ekspor minyak kelapa sawit (CPO ke sejumlah negara di Eropa. Kepala BPS Suhariyanto mengatakan, penurunan nilai ekspor kelapa sawit cukup signifikan di beberapa negara seperti Inggris sebesar 22 persen dan Belanda mencapai 39 persen.
Sementara negara lain yang mengalami penurunan nilai ekspor minyak kelapa sawit adalah Jerman, Italia, Spanyol, juga Rusia.
“Ini terjadi karena adanya negative campaign CPO dan pemerintah sudah mengantisipasi itu dengan membuat beberapa kebijakan,” ujar Suhariyanto di Jakarta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here