Satu Persatu Bupati Tapin Kunjungi Stand Pameran Tapin Ekspo 2019

0
2 views

RANTAU,- Bupati Tapin Drs.HM.Arifin Arpan,MM membuka Stand Pameran Tapin Expo 2019 secara simbolis ditandai dengan pemotongan pita.Dilanjutkan Bupati Tapin meninjau langsung stand-stand dengan berjalan di tengah terik cuaca panas menyengat, Minggu (1/12) siang.

Satu persatu stand Organisasi Perangkat Daerah (OPD) maupun peserta lain dikunjungi beliau. Bupati Tapin sempatkan berdialog dengan penjaga stand sambil melihat materi yang dipamerkan oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) maupun peserta lain. Bahkan hingga berfoto bersama hingga mencicipi kuliner khas Tapin yang disajikan sebagai tanda buah kenangan HUT Tapin Kabupaten Tapin ke-54 Tahun 2019 ini.

Dalam kujungan stand ini Bupati turut didampingi Wakil Bupati Tapin H.Syafrudin Noor, SE, Kapolres Tapin AKBP.Eko Hadi Prayitno,SIK dan Ketua Pengadilan Negeri Rantau Efran Langgeng Kaseh,SH.

Bupati Tapin Drs.HM.Arifin Arpan, MM saat berkunjung ke stand Dinas Kesehatan Tapin mengatakan, “program kesehatan yang sedang gencar dijalankan beliau untuk menekan stunting di kabupaten Tapin. Kita harus sehat, untuk diketahui ada 10 titik daerah stunting di Tapin yang harus benar-benar perlu kita tindak lanjuti, jangan sampai ada anak-anak kita ada yang sakit.Diharapkan tahun-tahun kedepan masyarakat dan anak-anak kita sehat.Itulah yang lebih penting,”katanya.

Di Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Tapin, Bupati Tapin menyampaikan, “bahwa kita ini jangan tergantung dengan beras saja.Bisa dengan sup jagung dan lain sebagainya yang dapat diolah jadi kuliner khas daerah Tapin seperti apam, untoek, tapai, cingkarok, bingka, dodol gadung, kelalapon, cincin, gagatas, lempeng, wajik, pakasam, dan lain sebagainya,”kata pemimpin Ruhui Rahayu di era Milineal ini.

“Untuk itulah masyarakat terutama pemuda milineal bergerak sebagaimana Gurbernur Kalsel sambutan tadi bergerak rajin buat inovasi kreasi kreatif angkat kuliner khas daerah kita termasuk budaya dengan memanfaatkan digital platform media sosial atau weblog Internet, dan jangan bergantung pada gadget saja,”katanya.

Selanjutnya, di Stand Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tapin, Bupati Tapin sampaikan bahwa seorang Tenaga Kerja itu tidak bisa diterima kerja kalau mereka tidak memiliki keahlian. Untuk mendapatkan keahlian itu bisa dididik oleh Tenaga Kerja seperti menjahit, gunting rambut, kemudian komputer. Nah, saat ini keahlian komputer sudah banyak. Sementara kita menjurus kesisi kualitatif dengan mengangkat potensi alam daerah kita. Contohnya, seperti perternak ayam sehat yang sedang dikelola oleh pemuda kalangan milineal karang taruna desa shabah dimana mereka bisa ciptakan inovasi ternak yang ekonomis dan menguntungkan secara finansial. Juga ada yang berkebun jeruk di daerah Margasari dan tanam bawang hingga Lombok.”Aktifitas mereka dapat mengurangi angka pengangguran di daerah kita.Untuk itu mulai besok kita diskusikan dengan Dinas Tenaga Kerja Tapin,”kata Bupati Tapin kepada Kadisnaker Tapin harus siap.

Bagaimana tanggapan warga yang melihat Bupati Tapin hari ini, ditanggapi warga masyarakat,
“Luar biasa Bupati Tapin, dengan berjalan dari pagi hingga sore hari kunjungi stand satu persatu. Rela berpanas-panasan dengan peluh keringat di dahi dan tubuh. Apalagi diakhir 3 buah stand terakhir yang beliau kunjungi, beliau bejalan nampak sudah agak pincang.Semoga beliau selalu sehat walafiat,”kata Ahmad pedagang di Tapin diamini wartawan media ini.

Stand Pameran Tapin Expo 2019 ini berlangsung selama 10 hari kedepan sejak 1 Desember dibuka sekaligus diresmikan oleh Bupati Tapin hingga 10 Desember 2019, tentunya menyedot perhatian ribuan warga Tapin yang melihat pameran pada sore dan malam hari menonton hiburan yang ditampilkan di panggung musik utama dengan menghadirkan artis ibukota. Selain stand pameran juga menghadirkan pasar dan arena bermain anak.

Reporter Nasrullah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here