Untungkan FKTP Dan Peserta JKN-KIS, BPJS Kesehatan Hadirkan E-Klaim Primer

0
7 views

BANJARMASIN – Di era digitalisasi saat ini kemajuan teknologi sangatlah pesat. BPJS Kesehatan sebagai penyelenggara Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) menyikapi hal tersebut dengan mengeluarkan berbagai inovasi untuk meningkatkan pelayanan, salah satunya yakni e-claim primer bagi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP).

E-Claim primer sendiri merupakan kelanjutan pengembangan dari aplikasi e-claim yang telah diimplementasikan terlebih dahulu di Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjut (FKRTL). Digitalisasi klaim ini bertujuan untuk mempermudah pengajuan klaim non kapitasi oleh FKTP yang dapat digunakan sebagai dokumentasi data pelayanan Peserta secara digital.

“Sama hal nya dengan e-claim yang telah diimplementasikan di FKRTL, e-claim primer ini bertujuan untuk mempermudah FKTP dalam memberikan pelayanan dan peserta JKN-KIS dalam mendapatkan pelayanan. Melalui e-claim primer kita dapat meminimalisir berkas klaim karena sudah bisa dilakukan secara digital, dengan aplikasi tersebut juga dapat meningkatkan kepastian pembayaran klaim oleh FKTP, dan juga FKTP dapat dengan mudah memantau kesehatan peserta yang terdaftar di FKTP nya karena catatan riwayat pelayanan peserta tersimpan secara digital,” jelas Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer Nancy Agitha saat memberikan sosialisasi e-claim primer kepada seluruh FKTP se-wilayah Banjarmasin, Kamis (31/10/2019).

Nancy juga menjelaskan, melalui aplikasi e-claim primer ini dapat secara nyata meminimalisir terjadinya fraud dalam pengajuan klaim pengalaman. Hal ini dikarenakan dalam alur pelayanan dan pengajuan klaim non kapitasi secara digital tersebut, petugas FKTP akan mencetak Surat Pernyataan Pelayanan (SPP) yang akan ditandatangani oleh peserta atau keluarga yang bersangkutan apakah memang benar peserta tersebut mendapatkan pelayanan yang seharusnya sesuai dengan yang dientri oleh petugas FKTP.

“Selama ini memang sudah ada SPP namun masih dicatat secara manual, melalui aplikasi ini nantinya SPP akan dicetak print out dan ditandatangani oleh peserta setelah mereka mendapatkan pelayanan,” tambah Nancy.

dr. Juhai Triyantisebagai salah satu Dokter Praktik Perorangan (DPP) mitra BPJS Kesehatan menyampaikan, apresiasinya terhadap kemudahan yang diberikan oleh BPJS Kesehatan. Melalui pertemuan ini kami jadi lebih memahami implementasi penggunaan aplikasi e-klaim yang tentunya sangat memudahkan saat mengajukan klaim pelayanan.
“Semakin mudah bagi kami karena berkas pengajuan bisa dilakukan secara digital. Dan selain itu terdapat fitur yang memudahkan kami saat memberikan pelayanan kesehatan ke pasien,” kata Juhai.

Lebih lanjut Nancy mengatakan, agar sistem ini bisa berjalan dengan lancar diperlukan dukungan FKTP melalui komitmen yang diberikan, selain dengan memberikan pelayanan yang tetap berkualitas kepada peserta JKN-KIS, mereka juga harus bisa memenuhi dari sisi sarana dan prasarana yang menunjang pelayanan dan menjaga ketertiban entri secara realtime, Valid dan kualitas data yang baik.

“Tentu saja semua itu demi kelancaran proses klaim bagi FKTP nantinya dan kepastian pelayanan yang berkualitas bagi Peserta JKN-KIS,” tutup Nancy.

KA/gn/IB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here