UPJA Hidup Baru Lebarkan Sayap Unit Pelayanan Jasa Alsintan

0
50 views

MARTAPURA – Hidup Baru desa Sungai Rangas Hambuku kecamatan Martapura Barat kabupaten Banjar Kalimantan Selatan, yang resmi berbadan hukum tahun 2017, dengan modal Alsintan jenis traktor roda2 (dua) 4 unit dan 6 unit pompa air volume 6 inci, 4 inci dan 2 inci, terus berkembang dalam pelayanan jasa lingkup kelompok, luar kelompok, bahkan melebarkan sayap ke luar wilayah . UPJA Hidup Baru yang sudah beroperasi 3 tahun mampu mengumpulkan hasil usaha dengan saldo Rp200.000.000 termasuk dana simpan pinjam khusus anggota.

 

Bendahara UPJA Hidup Baru Maksum menjelaskan, dalam mengusahakan Alsintan pola sewa sudah mampu menambah 1 unit traktor yang dipesan perorangan, dengan dana kelompok. Terkumpulnya dana saldo yang dimiliki kelompok termasuk hasil sewa pakai Combine Harvester yang dipinjam dari Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura provinsi Kalimantan Selatan pada saat panen di kelompoknya.

 

Melihat peluang usaha dari jasa alsintan,kelompok sepakat mengembangkan usaha selain sewa pinjam Alat traktor roda dua dan mesin pompa air, sekarang sudah merancang kawasan pergudangan, bengkel, garasi, bahkan merencanakan pembangunan pabrik penggilingan padi. Lokasi pergudangan terletak di Handil 6 desa Sungai Rangas Hambuku persis di kawasan persawahan yang terhampar ratusan bahkan ribuan hektar yang setiap tahun hasilnya melimpah.

 

Kawasan Sungai Rangas Hambuku yang masuk kawasan program Selamakan Rawa Sejahterakan Petani (SERASI) Kabupaten Banjar, dilokasi UPJA Hidup Baru sangat strategis karena semua akses jalan termasuk jalan usaha tani lancar. Apalagi kata Maksum dengan selesainya rehabilitasi lahan termasuk normalisasi saluran, panen di kawasan irigasi Riam Kanan Sungai Rangas Hambuku dan sekitarnya bisa panen dua kali setahun.

 

Kondisi ini sangat membuka peluang untuk pengembangan usaha, bahkan sudah ada grosir beras unggul dari luar Kabupaten Banjar yang mematok kontrak ratusan ton perbulan. Tahun 2020, UPJA yang dibina PPL BPP Martapura Barat Leny Handayani SP, optimis mampu membuka usaha lain dari hasil UPJA yang baru beroperasi 3 tahun tersebut, karena peluang usaha selain sewa pakai traktor dan mesin pompa air masih terbuka.

 

Transparansi dan tertib manajemen adalah kunci suksesnya usaha, karena keterbukaan menjadi modal utama kelancaran usaha kelompok tambahnya. Untuk tertib manajemen,UPJA Hidup Baru selalu melaksanakan Rapat Anggota 6 bulan sekali, yakni saat persiapan tanam dan pasca panen. Rapat Anggota khusus membahas pinjaman modal usaha tanam padi dan pengembalian pinjaman pasca panen.

Ayi Kuswana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here