April, Gedung Taman Budaya Diresmikan Bupati Balangan

0
11 views

PARINGINBupati Balangan bulan Apri akan meresmikan gedung Taman Budaya yang berloksi di Jalan Garuda Maharam, Paringin, Kabupaten Balangan, Kalsel.

Bangunan yang dibangun dari sumber dana APBD Pemkab Balangan melalaui Dinas Pekerjaan Umum dan Penata Ruang (PUPR) Kabupaten Balangan.

Meski belum selesai secara keseluruhan, kini gedung sudah bisa digunakan. Karena untuk pembangunan sudah tuntas pada akhir 2019 kemaren. Sementara halaman dianggarkan pada 2020 ini.

Tentunya, keberadaan taman budaya memang pada dasar sangat diperlukan di Balangan. Hal itulah yang disampaikan oleh Ketua Sanggar Kariwaya Balangan, Muhammad Alfahri Wanda.

Tempat itu, bebernya, sebagai wadah untuk mengembangkan dan penyaluran kreatifitas penggiat seni serta untuk berkesenian.”Di samping itu adanya tempat tersebut, Balangan dengan banyaknya kesenian tradisi daerah yang dimiliki, akan berdampak positif untuk pelestarian melalui adanya wadah berkreasi,” ucap Wanda, Jumat (24/1/2020).

Adanya gedung tersebut dianggap akan membawa manfaat yang baik untuk penggiat seni dan pelestarian kesenian tradisi. Selama pengelolaan gedung sesuai harapan para pelaku dan penggiat seni. Ia juga berharap agar sistem pengelolaan, mengacu pada Taman Budaya yang dimiliki oleh Provinsi Kalsel yang berlokasi di Banjarmasin.

Sebut Wanda, pengelolaan gedung akan lebih baik apabila di kelola oleh dinas terkait, sebagaimana Dinas Pendidikan melalui Bidang Kebudayaan. Terlebih apabila dibuat UPT. “Fasilitas gedung pertunjukan sudah cukup baik, dan sangat besar dapat menampung penonton dalam jumlah banyak,” jelas penggiat seni di Balangan ini.

sumber: banjarmasinpost

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.