Kapolda Malut Ingin Criminal Justice System Diperkuat

0
1 views

Polda Malut gelar coffe Morning Bersama Instansi Penegak Hukum (Criminal Justice System)

Ternate – Dalam rangka menjalin silaturahmi dan kerjasama yang kuat Polda Maluku Utara melaksanakan coffee morning bersama Instansi Penegak Hukum (Criminal Justice System) dengan Tema “Penguatan Sinergi Polisional di Wilayah Hukum Polda Malut dalam rangka Terwujudnya Indonesia Maju yang Berkeadilan” bertempat di Ballroom Royal Resto Kota Ternate, Kamis (09/012020)

Kegiatan ini dibuka langsung Oleh Kapolda Malut Brigjen Pol. Drs. Suroto, M.Si yang di hadiri oleh Wakapolda Malut, Irwasda Polda Malut, para pejabat Utama Polda Malut, Wakajati Malut, Hakim Pengadilan Tinggi Malut, Hakim Pengadilan Tinggi Malut, Panitera Pengadilan Tinggi Malut, Panitera Pengadilan Tinggi, Kepala Biro Hukum Provinsi Malut, dan Kepala Kantor Imigrasi Malut.

“Kami Polda Malut ingin membangun komunikasi bukan sekedar dari segi formal saja Untuk itu Marilah kita bangun silaturahmi di antara kita dan kerja sama di antara kita,”. kata Kapolda Malut Brigjen Pol. Drs. Suroto saat menyampaikan sambutan.

Lanjut Suroto mengatakan bahwa Polda Malut ingin bagaimana criminal justice system di Malut dapat berjalan dengan baik. Begitu juga di tingkat polres harus berjalan dengan baik. Sehingga setiap permasalahan-permasalahan yang di hadapi khususnya dalam proses penegakkan hukum dapat dikomunikasikan dan terselesaikan dengan baik. Kalau bisa di permudah kenapa harus dipersulit.

“Mudah-mudahan kegiatan seperti ini bisa dilaksanakan sebulan sekali, kita bisa ngobrol-ngobrol santai saja, tidak usah formil. Ada permasalahan apa kita diskusikan. Itu akan lebih baik dari pada kita sekedar formalitas. Mudah-mudahan dengan kegiatan-kegiatan seperti ini kita saling ketemu, saling mengenal satu dengan lainnya. Sambil kita silaturahmi sambil kita bicara bagaimana agar semuanya berjalan dengan baik,” ujar Kapolda

Menurut Kapolda, kegiatan seperti ini jangan hanya seremonial. Tetapi diyakini bersama bahwa tugas kami adalah sama dalam rangka penegakan hukum. Kami polisi sebagai penyidik, bagaimana menyajikan berkas-berkas perkara, menyajikan fakta-fakta, bukti-bukti di lapangan. Setelah disajikan kepada bapak-bapak di kejaksaan. Jaksa menilai, layak di lakukan penuntutan atau pengadilan, apabila tidak layak di kembalikan kepada Polisi. Kemudian di serahkan ke pengadilan untuk memutuskan.

“Ada 10 sarjana hukum, masing-masing punya argumen, punya penilaian terhadap permasalahan itu. Akan lebih baiknya dalam proses-proses penegakan hukum, hal-hal seperti ini dapat di komunikasikan. Bagaimana masukan dari rekan – rekan JPU” Tutur Kapolda

Kapolda Malut Berharap Kerja sama seperti ini terjalin lagi Sehingga komunikasi-komunikasi seperti ini perlu dibangun Dan kedepan penegakan hukum di Malut akan lebih lancar.

“Apalagi di 2020 ini kita menghadapi Pilkada yang di Laksanakan di 8 kabupaten, Ini juga tentu kita bertanggung jawab bagaimana kita mengawal pilkada ini dan memastikan bahwa masyarakat Malut bisa memilih calon pemimpin daerahnya secara demokratis, secara jujur dan adil. Inilah tanggung jawab kita sebagai criminal justice system,” jelas Kapolda Malut.

hanna

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here