Kemeriahan Imlek dan Cap Go Meh Masyarakat Tionghoa di Kabupaten Melawi

0
115 views

MelawiMasyarakat Tionghoa Kabupaten Melawi mengadakan perayaan penyambutan Tahun Baru Imlek dan Cap Go Meh 2571 di lapangan Perbasi Kota Nanga Pinoh, Kabupaten Melawi. Jumat (24/01/2019) malam.

Perayaan penyambutan Tahun Baru Imlek dan Cap Go Meh adalah event tahunan yang rutin dilaksanakan di Kabupaten Melawi pada setiap tahunnya. Pada perayaan tahun ini turut hadir Bupati Melawi, Wakil Ketua DPRD Melawi, Anggota DPRD Melawi, Wakapolres Melawi, LO Dandim 1205 Sintang, Plt. Sekda Melawi, DAD Melawi, MABM Melawi, Ketua Tim Penggerak PKK Melawi, serta Anggota DPR RI Yessy Melania.

Dalam rangkaian perayaan di Tahun ini, Majelis Adat Budaya Tionghua (MABT) Kabupaten Melawi sebagai panitia pelaksana mendatangkan 6 orang artis Tionghoa untuk menghibur masyarakat Kabupaten Melawi dan sekitarnya. Rani Pancarani dan Ling Ling yang menghibur pada malam penyambutan Imlek tanggal 24 Januari 2020, Huang Jia Jia bersama Helen Huang pada pentas hiburan malam Imlek ke 7 Lansia 31 Januari 2020 Dan Putri Ayu bersama Vega Delaga pada malam Cap Go Me 08 Februari 2020.

Dalam sambutannya Ketua panitia pelaksana kegiatan perayaan Imlek dan Cap go me 2571 Taufik, SE yang juga ketua MABT Melawi dan sekaligus sebagai anggota DPRD Kabupaten Melawi mengucapkan “kami selaku panitia perayaan tahun baru Imlek dan Cap go me kabupaten melawi menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terlaksananya rangkaian kegiatan perayaan Tahun Baru Imlek dan Cap Go Me 2571. Jika didalam rangkaian kegiatan perayaan ini menganggu aktivitas masyarakat lainnya, seperti menghambat arus lalulintas dan kegiatan lain-lain kami mohon maaf sebesar-besarnya” Ucapnya.

Perayaan malam penyambutan Tahun Baru Imlek 2571 dipandu oleh MC Surya Driono Lay, dan diiringi oleh group band legendaris asal Melawi Intermezzo Band yang dimotori oleh Hendy Gunawan, Dea, Ucok dan Herson. Menurut pantauan Info Banua acara penyambutan Tahun Baru Imlek 2571 sangat meriah dan interaktif, dimana Ling Ling dan Rani Pancarani sebagai artis penghibur mengajak para tamu undangan untuk bernyanyi bersama. Perayaan ini disiarkan lansung oleh Melawi Channel dan MGTV, serta live streaming di akun jejaring media sosial Facebook milik MABT Melawi.

Bupati melawi dalam sambutannya mengatakan “Perayaan imlek sudah resmi menjadi bagian dari budaya bangsa indonesia, harus selalu dijaga dan dirawat kelestariannya. Saya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah menyukseskan perayaan imlek ini. Kegembiraan ini jangan sampai ada yang menciderai, saya harapkan POL PP dan Dinas perhubungan serta semua unsur masyarakat dapat bersinergi menyukeseskan rangkaian acara ini. Perayaan imlek adalah sebagai alat perekat kebersamaan dan wujud kebhinekaan kita,” Katanya.

Selanjutnya Bupati Melawi dengan resmi membuka Rangkaian acara perayaan Tahun Baru Imlek dan Cap Go Me 2571 dengan memukul gendang naga.“Perayaan Tahun Baru Imlek 2571 tahun tikus logam resmi saya buka” Tutupnya.

Puncak perayaan Tahun Baru Imlek 2571 ditandai dengan penggantian Almanak oleh Bupati Melawi dan MABT Melawi tepat pada jam 00.00 WIB disertai dengan penembakan kembang api sebagai simbol malam pergantian tahun. (BE)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here