Komisi III DPRD Kota Banjarmasin Pantau Sungai Martapura yang Tercemar Oli

0
9 views

BANJARMASIN – Komisi III DPRD Kota Banjarmasin lakukan sidak mengenai limbah oli yang mencemari sungai Martapura di Jalan Siring Piere Tendean Banjarmasin

Muhammad Isnaini ketua komisi III DPRD Kota Banjarmasin  mengatakan, bahwa kita mengadakan sidak ditempat yang dilaporkan oleh warga sehubungan dengan adanya pencemaran limbah oli bekas yang sudah mencemari sungai.

“Kita melihat secara langsung memang secara kuantitas cukup besar yang dibuang ke drainase yang ada didepan rumah tersebut,” ucapnya.

Dikatakannya, oli ini sangat mencemari tidak bisa didaur ulang, berbeda dengan sifatnya air dan disini juga kita lihat ada proses yang cukup lama dilihat dari kuantitas yang cukup besar, bukan hanya satu drum mungkin juga ratusan drum dan sepertinya ada unsur kesengajaan.

Hal ini harus segera ditangani lajut Isnaini, mengapa hal ini bisa terjadi kami nanti juga akan memanggil kembali pihak LH mengenai bagaimana tindak lanjutnya.  LH kemaren sudah menyampaikan, bahwa sudah ke ranah kepolisian.

“Saya kira dewan akan tetap memantau juga bagaimana menyikapi hal ini sesuai dengan ketentuan bahwa masalah pengawasan dari dinas ini seperti apa,” ujarnya.

Ditambahkannya, dewan sangat mengapresiasi bahwa pihak kepolisian bertindak secara cepat, kami menunggu proses-proses yang bisa dikenakan bahwa ini sudah dikategorikan tindak pidana, kami berharap segeranya memproses karena ini berimbas pada lingkungan serta kondisi pencemaran Sungai Martapura yang merupakan sumber air baku dari PDAM.

“Kita melihat bahwa ini sudah terjadi sangat lama, apakah ini ada ijin sebelumnya. Nanti, akan kita adakan follow up rapat dengan dinas lingkungan hidup, karena hal ini harus segera ditangani,” ungkapnya.

Wara

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.