KPU Pasangkayu Buka Penerimaan PPK, Ini Tahapannya

0
21 views

PASANGKAYUSebentar lagi, tepatnya 15 Januari yang tinggal beberapa hari ke depan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasangkayu akan membuka tahapan perekrutan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pasangkayu tahun 2020.

“Bagi anda yang pernah menjadi penyelenggara pemilu dan berkeinginan merasakan kembali pengalaman di bidang perhelatan demokrasi, ini kesempatan menjadi PPK, layak dicoba kembali,” ujar Heriyansah, Komisioner KPU Pasangkayu kepada Awak Media, kamis (9/1/2020).

Kata Heriyansah, berdasarkan alur waktu perekrutan PPK, tahapan penerimaan berkas akan dibuka mulai tanggal 18 sampai 24 Januari.

“Bagi yang belum pernah menjadi penyelenggara pemilu dan ingin merasakan tantangan baru di bidang kepemiluan, tentu kesempatan ini tidak bisa dilewatkan,” kata Heriyansah.

Ia menjelaskan bahwa setelah tahapan penerimaan berkas, KPU Pasangkayu akan melakukan pemeriksaan administrasi. Pendaftar yang dinyatakan lolos tahapan tersebut selanjutnya akan mengikuti tahapan test tertulis.

Menurutnya, masih banyak yang menduga bahwa test tertulis akan dilewati dengan mudah oleh peserta yang berpengalaman menjadi penyelenggara pemilu. Alasannya tentu karena mereka sudah mengenal regulasi kepemiluan.

“Pendapat ini tidak sepenuhnya benar. Karen aturan pada setiap penyelenggaraan pemilihan, selalu mengalami perubahan,” ungkapnya.

Oleh karena itu lanjut Hery, kesempatan buat orang baru justru terbuka lebar. Tentu syaratnya, harus mempelajari materi kepemiluan yang akan menjadi soal dalam test tertulis.

Berikut ini, bocoran kisi-kisi dari KPU untuk menjadi seorang PPK, agar bisa menjadi sumber referensi utama penyusunan soal test tertulis. Dengan memahami regulasi berikut, dijamin anda akan tersenyum menyelesaikan soal-soal ujian tertulis mendatang. Sebaliknya jika tidak belajar, yakinlah bahkan keajaiban pun akan sulit berfihak ke anda.

Beberapa  bahan bacaan yang wajib dipelajari, diantaranya;

1. Undang-undang no 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan wakil walikota.

2. Peraturan KPU Nomor 2 Tahun 2017 Tentang Pemutakhiran Data dan Penyusunan Daftar Pemilih dalam Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota beserta Wakilnya.

3. Peraturan KPU Nomor 8 Tahun 2018, Tentang Pemungutan dan Perhitungan Suara dalam Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota beserta wakilnya.

4. Peraturan KPU Nomor 16 Tahun 2019 Tentang Tahapan, Program dan Jadwal Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota beserta wakilnya.

5. Peraturan KPU Nomor 18 Tahun 2019 Tentang Pencalonan Gubernur, Bupati, dan Walikota beserta Wakilnya. (Syh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.