LSM Bongkar Desak BUMD Buka Peluang Usaha Sendiri

0
34 views

Ketua LSM “Bongkar” Audy Valent (Ist/brt).

 

SampitPeluang usaha yang akan dikelola oleh Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di Kotim, diminta oleh ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Bongkar, Audy Valent jangan sampai ambil alih mengelola usaha yang sudah berjalan.

BUMD ini seharus berinovasi sendiri seperti ingin mengambil alih usaha pelabuhan yang sudah ada, terkecuali menurut Audy Valent membuka pelabuhan sendiri dengan usaha sendiri.

Mengenai banyaknya pelabuhan tikus, pelabuhan yang tidak berizin dan penyalahgunaan fungsi pelabuhan sesuai izin yang telah diberikan inilah yang seharusnya perlu penatataan pengelolaan dari dinas terkait yang membidanginya.

Permasalahannya juga sekarang ini kalau dilihat secara kasat mata sistem aturan kepelabuhan itu tidak tertata secara maksimal dari segi pengawasan (penertiban) disini juga perlu keterlibatan fungsi pengawasan dari wakil rakyat dibutuhkan.

“Coba kita lihat turun kelapangan, bagaimana sebuah pelabuhan yang dan sudah berjalan di Kotim. Apakah sudah sesuai dengan aturan kelayakan yang tertuang dalam peraturan tentang kepelabuhan.” Terang Audy Valent ketika menghubungi infobanua Sampit, Minggu (26-1-2020).

Ditambahkan Audy Valent, seharusnya BUMD di Kotim ini harus bisa berinovasi menciptakan pekerjaan sendiri yang tidak menjamah pekerjaan yang sudah ada atau membuat lapangan pekerjaan sendiri di pelabuhan dan tidak menyentuh pelabuhan yang sudah ada.

“Kalau saja ikut mengelola atau mengambil alih pelabuhan yang sudah berjalan, dikwatirkan menimbulkan biaya ekonomi lebih tinggi lagi sebab margin perusahaan sudah pasti akan terbagi dua.” Ungkapnya.

Terkait dengan BUMD di Kotim, untuk bisa membaca peluang usahanya sendiri dan diminta tidak mengelola usaha yang sudah berjalan. Ketua DPRD Kotim, Rini ketika dikonfirmasi setuju. Menurutnya lebih baik lagi kalau BUMD di Kotim bisa melihat dan membuka peluang usaha dibidang lain, tidak hanya disektor pelabuhan saja untuk membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat, sehingga bisa menambah pendapatan masyarakat.

“BUMD bisa membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat, dengan tidak mengelola usaha yang sudah ada.” Ujar Rini lewat WhatsAppnya kepada infobanua Sampit.

Zainal/IB.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.