Umat Hindu Barambai Miliki Tempat Ibadah

0
13 views

 

Umat Hindu yang bermukim di Desa Kolam Kanan, Kecamatan Barambai, Kabupaten Barito Kuala (Batola), kini memiliki tempat ibadah. Bupati Batola Hj Noormiliyani AS telah meresmikan tempat ibadah bernama Pura Jagat Natha Widya Nathaini itu, Kamis (30/01/2020) siang.

Prosesi peresmian yang juga dihadiri Kadis PMD Dahlan, Camat Barambai Wiwien Masruri beserta anggota forkopimcam, Kabag Humpro Hery Sasmita, Kabag Kesra H Muzakir, Ketua PHDI Provinsi Kalsel Ketut Artika, Ketua PHDI Batola Made Kasim, dan berbagai lapisan masyarakat itu ditandai pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti serta peninjauan lokasi oleh Bupati Hj Noormiliyani beserta rombongan.

Sebelum peresmian, saat tiba bupati beserta rombongan mendapat penyambutan antusias dari masyarakat setempat. Srikandi Batola itu mendapat suguhan tarian tradisional selamat datang serta pengalungan bunga.

Di sela kegiatan, Noormiliyani berkesempatan menyerahkan bantuan secara simbolis Rp50 juta kepada Ketua PHDI Batola Made Kasim. Uang itu dimaksudkan untuk membantu meringankan biaya pembangunan tempat ibadah tersebut.

Noormiliyani menyampaikan ucapan selamat kepada umat Hindu Desa Kolam Kanan atas berdirinya tempat ibadah mereka. Ia berharap, umat Hindu turut berperan dalam penanganan masalah moral.

“Di tengah maraknya persoalan moral dan permasalahan lainnya diperlukan kehadiran lembaga-lembaga keagamaan untuk ikut berperan aktif,” katanya sembari mengatakan, peningkatan kualitas SDM harus dimulai dari keluarga serta komunitas agama.

Terkait keberadaan pura, menurut bupatai bisa pula menjadi pusat kegiatan sosial dan budaya yang diharapkan mampu menghasilkan ide dan konsep cemerlang untuk kemaslahatan umat Hindu serta ke depannya ikut memberikan kontribusi bagi daerah.

Ketua PHDI Batola, Made Kasim, mewakili umat Hindu di Kecamatan Barambai menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pemkab Batola dan berbagai pihak atas berbagai bantuan baik materiil maupun lainnya sehingga berdirinya tempat ibadah mereka.

“Kami umat Hindu, khususnya yang ada di Desa Kolam Kanan sangat berterima kasih atas segala bantuan sehingga berdirinya pura yang indah seperti yang ada saat ini,” ucapnya.

Made Kasim berharap Pura Jagat Natha Widya Nathaini ini ke nantinya mampu menjadi lokasi wisata relegi yang memperkenankan seluruh masyarakat baik umat Hindu maupun lainnya untuk berkunjung selama menanti peraturan dan adat-adat yang berlaku.

byd/humpro

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.