Bupati Rijanto Launching Kampung KB Kabupaten Blitar.

0
8 views
Suasana Launching Kampung KB Kapupaten Blitar di Wisata Kampung Coklat.

Blitar, Infobanua.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar berkomitmen untuk mensukseskan Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) melalui Kampung KB.

“Pembangunan di Bidang Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga adalah investasi jangka panjang yang hasilnya nanti tidak seketika dapat dilihat, tetapi Program KB sangat penting dan strategis dalam upaya pembangunan SDM yang berkualitas,” kata Bupati Blitar Rijanto, saat memberi sambutan Sosialisasi Kampung KB, di Ruang Theobromine Hall, Wisata Kampung Coklat, Kamis (06/02/2020).

Menurut Rijanto, pertumbuhan ekonomi harus dibarengi dengan pengendalian laju pertumbuhan penduduk. Untuk itu program kependudukan, KB dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) sangat penting dalam mewujudkan Kabupaten Blitar Lebih Sejahtera, Maju dan Berdaya Saing.

Bupati juga mengungkapkan, Kampung KB secara nasional telah dicanangkan oleh Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo pada 14 Januari 2016 di Dusun Jenawi Desa Mertasinga Kecamatan Gunung Jati, Cirebon Jawa Barat. Sedangkan Tingkat Provinsi Jawa Timur telah dilaunching oleh Gubernur Jawa Timur Tahun 2016 di Dusun Gondang Tapen Desa Mojosari Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang.

Sedangkan, untuk Kabupaten Blitar pencanangan Kampung KB pada 23 Maret 2016, di Desa Gogo Deso, Kec. Kanigoro, dilanjutkan pada Tahun 2017 pencanangan di Desa Tumpakkepuh, Kecamatan Bakung. Dalam kegiatan ini secara simbolis dicanangkan untuk 19 Kampung KB di 19 Kecamatan, namun untuk Kampung KB Desa Tulungrejo, Kecamatan Wates sudah dicanangkan pada Tahun 2016. Sehingga seluruh Kecamatan di Kabupaten Blitar sudah memiliki masing-masing 1 Kampung KB Percontohan.

“Saya berharap Kampung KB yang ada di Kabupaten Blitar dapat menjadi miniatur pelaksanaan Program Kependudukan, KB dan Pembangunan Keluarga secara menyeluruh dan terpadu lintas sektor yang tergabung dalam Pokja Kampung KB di Kabupaten Blitar,” jelasnya.

Selanjutnya Bupati berharap, keberadaan Kampung KB dapat berkembang tidak hanya 1 kampung KB di setiap kecamatan tetapi dikembangkan di desa lainnya di luar Kampung KB yang telah dicanangkan pada hari ini. Untuk Kabupaten Blitar juga bisa mengikuti Lomba Kampung KB Tingkat Propinsi Jawa Timur Tahun 2020/2021 mendatang.

“Melalui Kampung KB ini diharapkan semua OPD berperan aktif untuk menyelesaikan permasalahan di Kampung KB sesuai dengan Tupoksi masing-masing OPD,” pungkasnya.

Penulis: Eko

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here