Bupati Tapin dan Pimpinan SKPD Siap Dukung Sensus Penduduk 2020

0
12 views
Kepala BPS Tapin

Rantau, Infobanua.co.id – Pemerintah Kabupaten Tapin menyambut baik bakal terlaksananya kegiatan Sensus Penduduk 2020 yang dilaksanakan Badan Pusat Statistik di wilayah Tapin. Bupati Tapin dan Pimpinan SKPD siap mendukung kegiatan sensus penduduk yang dilakukan BPS Tapin dengan dua metode yaitu Sensus Penduduk 2020 secara online dan Sensus Penduduk 2020 dengan wawancara.

Demikian diungkapkan Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Tapin, Masfian Noor kepada Infobanua, Senin (17/2) kemarin.

Berdasarkan hasil proyeksi penduduk Kabupaten Tapin Tahun 2019 terdata ada 191.372 jumlah penduduk dan 63.266 jumlah KK. Semua itu ditargetkan masuk dalam data sensus penduduk 2020.

“Kami sudah meminta dukungan Bupati Tapin dan kawan-kawan SKPD yang siap mendukung dan mensukseskan Sensus Penduduk 2020. Dan Bupati Tapin siap rencananya menjadwalkan bakal ikut serta sensus penduduk secara online ini, sementara kami sifatnya menunggu antara rentan waktu jadwal sensus secara online yang dimulai pada 15 Februari hingga 31 Maret 2020.
Selain itu, beliau juga menghimbau kepada masyarakat Kabupaten Tapin untuk ikut serta pada sensus penduduk 2020 online ini,”katanya.

Saat ini kami lakukan adalah sosialisasi dengan Pemerintah Daerah dan ke semua kecamatan yang sudah terjadwal dengan bagus. Disitulah kami sampaikan sosialisasi berkaitan dengan kegiatan sensus penduduk 2020 ini.

“Pada bulan Juli 2020 mendatang dilaksanakan sensus dengan wawancara setelah dilaksanakan sensus online ini. Dan kalau tidak tercatat pada sensus online kita lanjutkan sensus dengan wawancara pada bulan Juli 2020,”katanya.

Selain itu, dua bulan sebelumnya antara bulan Maret dan April akan kami sampaikan kepada publik kami adakan rekrutmen petugas sensus penduduk dari wilayah desa dan kecamatan masing-masing, bukan petugas yang direkrut dari luar daerah. “Karena merekalah yang bakal mendata sekaligus mewawancarai setiap kepala keluarga,”katanya.

Harapan kami dalam sensus penduduk 2020 secara online ini, seluruh masyarakat bisa berperan ikut mensukseskan Sensus penduduk 2020 secara online dengan turut serta mengisi data sensus yang menjadi kewajibannya. Caranya pun cukup mudah, dengan bermodal KK dan e-KTP masuk mendaftar di website pemerintah BPS di sensus.bps.go.id.

Reporter Nasrullah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.