Dapat Kiriman 4.000 Lembar Blanko KTP-El, Kadisdukcapil Prioritaskan Pemilik

0
5 views

Paringin, Infobanua.co.id – Baru-baru ini Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Balangan mendapatkan blanko E KTP sebanyak 4.000 lembar.

Jumlah itu diprediksi cukup untuk memenuhi kebutuhan penduduk Balangan hingga dua sampai tiga bulan mendatang.

Disampaikan oleh Kepala Disdukcapil Balangan, Hifziani, pada penggunaan blanko E KTP ini diprioritaskan pada pemilik pemula. Yakni mereka yang baru berusia 17 tahun atau masih pelajar. Terlebih pihaknya juga telah melakukan perekaman E KTP kepada para siswa SMA sederajat.

“Sekitar dua minggu lalu alhamdulillah kami diberi 4.000 blangko oleh pemerintah pusat. Dan itu cukup untuk beberapa bulan ke depan,” ucap lelaki yang akrab disapa Hifni ini, Jumat (14/2/2020).

Tercatat, pada Kamis (13/2/2020) kemaren, jumlah blangko E KTP masih mencapai 3.522 lembar. Sementara setiap harinya selalu ada yang mengurus dokumen kependudukan tersebut.

Hifni memastikan blangko E KTP di Balangan masih dalam keadaan aman. Selain itu pihaknya juga sedang fokus dalam pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA).

Sejauh ini ucap Hifni, penduduk Balangan sudah hampir 95 persen yang memiliki E KTP. Mereka juga jemput bola ke wilayah pedalaman. Hal itu didasari ongkos warga pedalaman yang kadang menghabiskan ratusan ribu untuk datang ke kantor Disdukcapil.

“Saya pernah mendengar mereka menceritakan ongkos kesini yang mencapai Rp 300.000. Kasian juga. Kadang belum tentu selesai satu hari karena antre,” terang Hifni.

Beberapa hari lalu, tim Disdukcapil Balangan juga datang ke Desa Munjung, Kecamatan Batumandi, Kabupaten Balangan, Kalsel.

Mereka melakukan perekaman E KTP terhadap warga jompo dan sakit. Terlebih di desa itu diketahui ada beberapa warga yang sudah tua.

Tentunya, kesadaran masyarakat akan pentingnya dokumen kependudukan ujar Hifni juga sangat mendukung. Sehingga masyarakat pun datang dan mau membuat dokumen tersebut. Baik KTP, kartu keluarga dan jenis dokumen kependudukan lainnya.

sumber: Banjarmasin Post

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.