Komisi II DPRD Banjarmasin Tinjau Kondisi Makam Sultan Suriansyah

0
10 views

BANJARMASIN – Komisi II DPRD Banjarmasin berharap Pemkot Banjarmasin peduli dengan kondisi Makam Sultan Suriansyah. Hal ini disampaikan Komisi II DPRD Banjarmasin usai melihat secara langsung kondisi Makam Sultan Suriansyah di Jalan Kuin Utara Jumat (21/2/20202).

“Komisi II usai melihat secara langsung kondisi bangunan, memang terlihat adanya kerusakan sejumlah bangunan yang perlu mendapat perhatian serius Pemerintah Kota Banjarmasin,” kata Wakil Ketua Komisi II DPRD Banjarmasin Bambang Yanto.

Kata Bambang, Makam Sultan Suriansyah sebagai cagar budaya di Kalimantan Selatan harus dirawat. Karena saat ini kondisi bangunan makam ada di Kelurahan Alalak Utara kota Banjarmasin kondisinya memprihatinkan.

Pantauan dilapangan, terlihat ada atap bangunan makam bocor, keramik lantai banyak yang retak. “Yang mulai mengalami kerusakan harus segera direnovasi, meski secara umum komplek Makam Sultan Suriansyah belum ada penyerahan aset dari ahli waris yang saat ini menjadi pengelola makam,” katanya.

 

Menurut Bambang, Komisi III menyarankan areal parkir harus ada pembebasan lahan untuk perluasan area parkir. Karena saat ini area parkir juga terlalu kecil, tidak sebanding dengan kunjungan masyarakat ke Makam Sultan Surianyah.

“Dewan juga mengusulkan ada klausul dengan pengelola soal penyerahan aset makam secara penuh kepada Pemkot Banjarmasin agar ke depan pemerintah bisa mengelola secara penuh komplek Makam Sultan Surianyah. Jika ahli waris mau menyerahkan aset ke pemerintah,” katanya. rel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.