KPU Jatim Buka Lowong Calon Kepala Daerah Jalur Perseorangan

0
1 views

Surabaya, Infobanua.co.id – KPU Jatim mulai membuka tahapan bakal calon kepala daerah dari jalur perseorangan dalam pelaksanaan pilkada serentak yang akan bergulir di 19 daerah di Jatim tahun 2020 ini.

Ketua KPU Jatim Choirul Anam mengatakan sesuai dengan PKPU 16 Tahun 2019 Tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan pemilihan Tahun 2020, mulai hari ini 19 Februari – 23 Februari 2020 merupakan Tahapan Penyerahan Dukungan bagi Bakal Pasangan Calon Dari Jalur Perseorangan.

Dikatakan oleh pria yang akrab dengan wartawan ini, dari pantauan di 19 Kabupaten Kota yang menyelenggarakan pemilihan di Jawa Timur, 14 kabupaten kota diataranya berpotensi ada pasangan calon perseorangan dan 5 diantaranya kemungkinan tidak ada calon perseorangan.

“Kami berharap dalam penyerahan dukungan tersebut bisa dilakukan di awal awal waktu yang sudah ditetapkan untuk lebih mengoptimalkan pelayanan penyelenggara. Insha Allah 19 KPu kabupaten kota di Jawa Timur sudah sangat siap untuk menerima penyerahan dukungan dari semua bakal calon perseorangan,”Jelasnya di Surabaya, Rabu (19/2/2020)

Dalam proses penyerahan dukungan,kata Anam, KPU tidak serta merta menyatakan dukungannya memwnuhi syarat atau tidak, mengingat jumlah syarat minimal dukungan yang cukup besar.

KPU Kabupaten / Kota memiliki waktu mulai 19 Februari – 26 Februari untuk melakukan Pengecekan Jumlah Dukungan dan Sebaran terhadap dokumen dukungan yang diterima. Setelah dinyatakan memenuhi syarat maka tahaoan selanjutnya adalah melakukan Verifikasi Administrasi dan Kegandaan mulai 27 Februari sampai 25 Maret 2020 untuk kemudian dilakukan Verifikasi Faktual di Tingkat Desa / Kelurahan. (Tryk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.