Pemprov Kalimantan Selatan Sosialisasi Pilkada bagi ASN Melalui Bakesbangpol

0
10 views

Banjarbaru,infobanua.co.id – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik ( Bakesbangpol ) Kalimantan Selatan menggelar kegiatan Sosialisasi Pilkada bagi ASN Tahun 2020 lingkup Pemerintah provinsi Kalsel di Gedung KH. Idham Chalid Banjarbaru.Kamis (20/02/2020) pagi.

Sebanyak 1.300 ASN berhadir di acara tersebut baik Eselon I , II dan III dengan Narasumber dari kementerian dalam negeri , Cahyo Hariawan dan Ketua Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) Provinsi Kalimantan Selatan, Sahruji serta komisioner Badan Pengawas Pemilu ( Bawaslu ) Kalsel, Azhari Dhani.

Gubernur Sahbirin Noor saat membuka Kegiatan Sosialisasi mengatakan, Aparatur Sipil Negara (ASN ) di Pilkada 2020 punya peran penting dan strategis dan juga berperan dalam mendukung kelancaran pelaksanaan pilkada dan memiliki hak suara untuk memilih kepala daerah.

” Posisi ASN ini, kita harapkan dapat ditempatkan secara profesional oleh seluruh ASN. Ada aturan yang harus diperhatikan khususnya netralitas. Jangan sampai ada ASN di lingkup Pemprov Kalsel yang melanggar aturan pilkada,” urainya.

Adapun aturan yang mengikat seorang ASN dalam mengikuti proses pilkada khususnya UU ASN Nomor 5 tahun 2014 dan PP 53/2010 tentang Disiplin PNS.

Sementara itu, Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Kalsel, Azhar Ridhani menegaskan, calon gubernur dan wakil gubernur, bupati serta walikota akan dikenakan sanksi administratif jika melibatkan ASN dalam berkampanye.

“jika ASN terbukti mengkampanyekan kegiatan salah seorang pasangan calon (paslon) kepala daerah, maka bisa dilaporkan ke Komisi ASN ataupun Kementerian dalam Negeri” Terangnya

R Timur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.