Suasana Desa Penyang Memanas, Pasca Ditangkapnya Dua Warga 

0
373 views
Warga desa Penyang, kecamatan Telawang memasang portal di akses jalan perusahaan. (Ist/brt).

Sampit,Infobanua.co.id – Dua warga desa Penyang, Kecamatan Telawang Sampit, Hermanus dan Dilik yang diketahui adalah kelompok tani dari Sahai Hapakat ditangkap oleh keamanan PT.Hamparan Massawit Bangun Persada 2 (HMBP) ketika sedang memanen buah sawit diarea lahan 117 hektar yang berada diluar HGU dan diyakini milik warga yang digarap oleh perusahaan,Senin (17-2-2020).

Sebagai bentuk perlawanan warga desa Penyang, mereka melakukan pemortalan diarea lahan kelompok tani tersebut yang diketahui merupakan jalan akses keluar masuk kegiatan angkutan PT.HMBP 2.

“Kami warga desa Penyang meminta kepada PT.HMBP 2 untuk segera membebaskan dua warga kami itu.” Ujar Dedy Susanto warga setempat, Selasa (18-2-2020).

Kronologis sebelum terjadinya penangkapan dua warga desa Penyang, Hermanus dan Dilik pada Senin(16-2-2020) sekitar pukul 08.00 WIB sampai pukul 10.00 WIB mereka sedang melakukan panen buah sawit. Tanpa diketahui secara tiba tiba, beberapa petugas keamanan PT.HMBP 2 dengan Satuan Brimob setempat datang.

Meraka memaksa masuk dua warga desa Penyang ini kedalam mobil, tanpa ada penjelasan dan tanpa memperlihatkan surat penangkapan. Informasi beredar dimasyarakat, kalau kedua warga desa Penyang ini sudah berada di Polda Kalteng di Palangka Raya.

Terkait penangkapan dua warga desa Penyang, infobanua Sampit mencoba mengkonfirmasikan kepada pihak perusahaan PT.HMBP 2 , menurut sumber perusahaan membenarkan adanya penangkapan dua warga tersebut pada saat panen buah sawit diarea lahan 117 hektar tersebut.

“Memang benar semua akses jalan keluar masuk kendaraan ditutup termasuk di pagar, aktivitas perusahaan lumpuh total dan dua warga itu saya dengar ada di Polda Kalteng.” Terang sumber ini yang mohon namanya tidak disebutkan kepada infobanua Sampit.

Sampai berita ini diturunkan dari pemantauan infobanua Sampit dilapangan, pemasangan portal jalan menuju akses keperusahaan PT.HMBP 2 masih terlihat. Beberapa warga masih berjaga jaga di jalan yang sedang mereka pasang portal tersebut, juga belum ada tanda tanda kegiatan keluar masuk kendaraan perusahaan.

Penulis : Zainal/IB.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.