Aura Tenaga Dalam Bela Diri Kuntau Mampu Tampar Corona Covid-19 di Udara

0
24 views

RANTAU – Di tengah merebaknya Virus Corona akhir-akhir ini, Kepala Desa Gadung, Muhammad Thaib menyambut peserta pendaftar Silat Bakuntau asuhan Guru Kuntau Sopian dari Perguruan Kalaka Hangit, Kecamatan Bakarangan di Pendopo Kantor Desa Gadung Keramat, Minggu (22/3) tadi.

Kepala Desa Gadung, Muhammad Thaib mengatakan bahwa Kuntau ini adalah olahraga seni bela diri tradisi warisan leluhur daerah. “Harapannya yang penting anak-anak kita di Desa Gadung sehat dengan aktifitas olahraga seni beladiri ini dan tetap menjaga kebersihan,”katanya.

Ada sekitar 37 peserta pendaftar silat Kuntau ini yang didukung dengan anggaran dana desa. Karena olahraga ini mampu sehatkan badan dengan aura tenaga dalamnya yang luar biasa sampai hentakan kaki dan tamparan tangan yang keras terdengar di udara. Seperti yang ditampilkan Pendekar Cina Donie Yen ala Wushu hingga Taichinya. Mantap, Kuntau dikenalkan di dunia.

Dalam pendaftaran ilmu silat bela diri Kuntau di Desa Gadung ini turut didampingi anggota Bhabinkamtibmas Polsek Bakarangan, Bripka Aris Susanto dan Kardi Anggota Danramel Tapin Tengah yang tengah gencar melakukan pendekatan dengan warga masyarakat terkait merebaknya Covid-19 ini.

Bhabinkamtibmas Polsek Bakarangan, Bripka Aris Susanto mengatakan mendukung kegiatan seni bela diri kuntau yang dilaksanakan masyarakat desa ini karena ini menyangkut budaya tradisi daerah ini. Terkait merebaknya Virus Corona ini kita harus mengikuti imbauan Pemerintah maupun pihak-pihak berwenang yaitu pertama kita harus melaksanakan lockdown dengan memilih lebih baik berdiam diri di rumah ketimbang berkumpulan massal. Juga menjaga pola hidup bersih dan sehat, sebagaimana kami sempatkan simulasikan kepada anak-anak pendaftar kuntau cara mencuci tangan dengan benar melalui cara enam langkah dengan hand sanitizer serta menggunakan masker.Ini kita lakukan pelan-pelan sebagai upaya pendekatan kepada warga masyarakat. Karena bagaimanapun Polri itu harus dekat dengan masyarakat.

“Setidaknya itu bisa mengurangi dan mencegah Virus Corona ini ke daerah kita,”katanya.

Kurdi, Bhabinkamtibmas Danramel Tapin Tengah senada juga menyampaikan dukungan kegiatan Kuntau yang dilaksanakan warga desa Gadung untuk hidup sehat melalui seni olahraga bela dirinya. Disamping terus mencintai warisan leluhurnya karena ini menyangkut tradisi budaya.

“Terkait Corona ini mengimbau warga masyarakat desa tak keluar rumah, dan terus jaga pola hidup bersih dan sehat,”katanya.

Reporter Nasrullah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here