Cegah Penyebaran Corona, Disdukcapil Balangan Terapkan Social Distancing

0
33 views

PARINGIN – Menyikapi instruksi pemerintah pusat untuk sosial distancing, Pemkab Balangan, khususnya Disdukcapil Balangan meminimalisir adanya kumpulan orang banyak.

Terlebih setiap harinya, kantor Disdukcapil Balangan melayani lebih dari 100 warga yang kadang datang ke kantor.

Kepala Disdukcapil Balangan, Hifziani menyampaikan, pembatasan dalam bersosialisasi di keramaian sebagai upaya untuk pencegahan merambatnya virus Corona atau Covid 19. Walaupun saat ini sebut Hifziani, Balangan masih dalam kondisi aman.

“Sejauh ini masih belum ada yang terjangkit di Balangan. Sosial distancing yang dilakukan sebagai langkah kami menindak lanjuti instrusi presiden, Dirjen Dukcapil dan suratbedaran gubernue serta bupati mengenai pencegahan virus corona” ucap Hifziani, Jumat (20/2/2020).

Terlebih tambahnya, Kantor Disdukcapil Balangan melakukan pelayanan setiap hari yang mengharuskan banyaknya interaksi dan banyak orang berkumpul dalam satu ruangan.

Meski meminimalisir pelayanan secara langsung, Disdukcapil Balangan tetap aktif melayani via daring. Sehingga segala bentuk kepengurusan dokumen kependudukan dilakukan online.

Pihaknya juga menyebarkan brosur pemberitahuan perihal sosial distancing tersebut. Isinya yakni penundaan mengurus dokumen kependudukan ke Kantor Disdukcapil Balangan apabila dianggap tidak begitu mendesak.

Pelaksanaan sosial distancing juga membuat Disdukcapil memberhentikan perekaman E KTP hingga dua sampai tiga minggu ke depan.

Sementara apabila begitu mendesak dalam pembuatan dokumen tersebut, masyarakat diarahkan untuk mengurusnya via pesan whatsapp. Pelayanan diberikan sejak pukul 08.30 sampai 15.30 wita.

Ada beberapa nomor whatsapp yang bisa dihubungi untuk pembuatan dokumen tersebut.

Bagi warga yang hendak membuat kartu keluarga, KTP dan surat pindah, bisa menghubungi ke nomor 081351398637. Sementara untuk membuat akta kelahiran yakni 082152620176 dan pada pelayanan pengaduan NIK BPJS, perbankan dan lainnya dapat mengirim pesan ke nomor 081334225571.

Sumber: banjarmasin.tribunnews.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here