Pemkab Berau Gelar Pertemuan Terkait Tindak Lanjut Persoalan Sungai Segah

0
105 views

BERAU, infobanua.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau, gelar pertemuan bersama pihak terkait, termasuk manajemen perusahaan sawit Kuala Lumpur Kepong Berhad (KLK Groub). Dalam pertemuan tersebut dijelaskan hasil kajian yang dilakukan ahli dari Institut Pertanian Bogor (IPB) sekaliguas membahas tindak lanjut penaganan menyeluruh persoalan Air Sungai Segah yang jernih menghijau, di ruang sangalaki Kantor Pemkab Berau, Jum’at 07 Maret 2020.

Menurut hasil kajian IPB yang dibacakan melalui Kapolres Berau AKBP Edy Setyanto Erning menyebutkan, beberapa kesimpulan peristiwa Air Sungai Segah itu, tidak ada hubungannya dengan kegiatan pemupukan, namun akibat koagulasi. Hal itu dijelaskannya air sungai yang memiliki kandungan pH 6.0-6.5 bercampur dengan air paritan perusahaan yang mengandung Ion Al dan sulfat tinggi sehingga, membuat Ion AI mengendap dan air menjadi jernih menghijau. Dari hasil kajian IPB Air Sungai Segah berubah jernih nampak kehijauan. Sebenarnya tidak berbahaya untuk makhluk hidup.

Faktor lain mendukung terjadinya peristiwa ini ialah, adanya sedimen berpirit dan teroksidasi di kawasan PT SSD dan kemungkinan juga di kawasan hulu DAS (di luar wilayah SSD, serta kawasan mangrove di sekitar Sungai Segah).

“Adapun hal lainnya ialah kecepatan aliran air sungai yang rendah dalam musim kemarau yang panjang pada tahun 2019,” Katanya.

Untuk mengatasi hal itu Bupati Berau, H. Muharram mengatakan, telah disepakati agar perusahaan KLK Group segera membuat pengolahan air parit perkebunan sawit, agar terhindar dari risiko menurunnya pH air.

“Perusahaan sepakat untuk memberikan tambahan ganti rugi yang diajukan oleh masyarakat dengan jumlah yang akan dibicarakan lagi. Nanti akan difasilitasi oleh Pemkab Berau,” Tegasnya.

Shul.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.