Rakerda PDI Perjuangan Kalbar Spesifik Bahas Strategi Pemenangan Pilkada

0
8 views

PONTIANAK – Rapat Kerja Daerah (Rakerda) I PDI Perjuangan Kalimantan Barat baru saja ditutup, Sabtu (14/3/2020) sore. Rakerda yang diisi dengan sosialisasi hasil rekomendasi Rakernas dan sejumlah materi dari para narasumber itu ditutup secara resmi oleh Ketua DPP Bidang Kesehatan dan Anak Sri Rahayu.

Ketua DPD PDI Perjuangan Kalbar Lasarus mengatakan, Rakerda ini nantinya akan ditindaklanjuti oleh Dewan Pimpinan Cabang (DPC) se-Kalimantan Barat dengan Rapat Kerja Cabang (Rakercab). Tidak seperti Rakerda yang pesertanya merupakan jajaran Pengurus Anak Cabang (PAC), pada Rakercab di tiap-tiap DPC, nantinya peserta yang mengikuti berasal dari pengurus ranting dan anak ranting.

Lasarus mengungkapkan, salah satu isu yang cukup spesifik dibahas saat Rakerda ialah pemenangan Pilkada di tujuh kabupaten di Kalbar. Pembahasan meliputi strategi pemenangan, konsolidasi, hingga pengamanan suara pada saat proses pemungutan suara.

“Memang tadi secara spesifik dibahas tentang pilkada di tujuh kabupaten di Kalbar. Senior dari DPP tadi menyampaikan beberapa tips khusus kepada kami semua,” ujarnya di Kalimantan Ballroom Hotel Aston Pontianak.

Berkenaan dengan pilkada di tujuh kabupaten di Kalbar, Ketua Komisi V DPR RI itu menyatakan bahwa PDI Perjuangan baru mengumkan satu pasangan calon yang direkomendasikan untuk maju, yakni pasangan Rupinus-Aloysius. Pasangan ini direkomendasikan untuk maju kembali pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sekadau. Adapun pasangan calon bupati dan wakil bupati di enam kabupaten lainnya, kata Lasarus, PDI Perjuangan masih menjajaki komunikasi dengan sejumlah partai politik lain.

Pada kesempatan yang sama, politikus asal Kabupaten Sintang ini juga turut merespon pernyataan Gubernur Kalbar Sutarmidji yang menyebut PDI Perjuangan bisa menang Pemilu lebih dari tiga kali. Lasarus menyebut kalau pernyataan orang nomor satu di Kalbar itu akan dijadikan sebagai motivasi bagi seluruh kader PDI Perjuangan untuk bekerja lebih keras dalam memenangkan Pemilu.

“Itu tantangan untuk kita bekerja lebih keras lagi, karena mempertahankan lebih sulit daripada merebut. Mudah-mudahan bisa menang lagi, ya. Kita akan bekerja keras mudah-mudahan kita bisa running untuk menang kembali di 2024,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Rakerda I PDI Perjuangan Kalbar Sujiwo mengapresiasi semua pihak yang ikut menyukseskan penyelenggaraan Rakerda. Dirinya juga mengaku bangga dengan seluruh peserta Rakerda karena mereka benar-benar mengikuti agenda tersebut dengan disiplin dan penuh tanggung jawab.

“Ini kerja keras semua teman-teman. Ini kesuksesan bersama karena tadi DPP memberikan apresiasi, Pak Gubernur, kemudian forkopimda, alhamdulillah semuanya memberikan apresiasi atas pelaksaan ini. Saya berbangga sekali melihat peningkatan disiplin yang begitu tinggi dari seluruh peserta. Ada sebuah lonjakan peningkatan kedisiplinan. Nah, ke depan harus terus meningkat dan melekat karena sebagai kader partai pelopor, maka memang harus disiplin. Baik dalam vekerja, berbicara, berpakaian dan semuanya,” kata Wakil Bupati Kubu Raya tersebut.

penulis: septa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.