Virus Covid 19 Ganggu Tahahapan Pilkada 2020 di Kabupaten Blitar

0
9 views

Blitar, infobanua.co.id – Tersiar mewabahnya virus Covid 19 yang populer dengan Virus Corona secara tidak langsung berdampak pada Pilkada 2020 di Kabupaten Blitar. Sesuai surat edaran dari KPU RI nomor 4 tahun 2020 tentang panduan tindak lanjut pencegahan penularan virus corona, KPU Kabupaten Blirar harus menghindari kegiatan pengumpulan massa dalam jumlah besar.

Sementara saat ini, tahapan penyelenggaraan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Blitar tahun 2020 di Kabupaten Blitar paling dekat adalah pelantikan PPS, yang akan dilaksanakan 22 Maret 2020 lusa. Sehingga nanti akan dilakukan pelantikan di beberapa titik. Selain itu, agenda sosialisasi dipastikan juga ditunda.

“Jadi sesuai surat edaran, KPU harus menghindari kerumunan orang, maka kita akan lakukan pelantikan PPS di 5 titik dan dilakukan di siang hari. Diantaranya di kecamatan Srengat, Gandusari, Wlingi, Sutojayan, dan Kademangan. Tetapi tempatnya masih dikoordinasikan dengan pihak terkait mengenai lokasi pastinya,” kata Nikmaus Sholihah, Komisioner KPU Kabupaten Blitar Divisi Teknis, Rabu 18 Maret 2020.

Nikmatus menjelaskan, bahwa di masing-masing wilayah itu akan melantik sekitar 250 PPS. Secara keseluruhan jumlah PPS di Kabupaten Blitar yang akan dilantik sebanyak 744 orang petugas.

Selanjutnya, selama 14 hari kedepan pihaknya meninjau kembali kegiatan sosialisasi dan menghentikan sementara sosialisasi. Kecuali yang sudah ditetapkan minggu sebelumnya. Ia mengaku sudah merencanakan beberapa kegiatan sosialisasi berbasis komunitas, misalnya dengan guru, ormas, maupun kelompok-kelompok tertentu pada minggu ini.

“Terpaksa harus kita batalkan dan jadwalkan ulang. Waktunya kita belum bisa pastikan dan harus menunggu petunjuk lagi dari KPU RI,” terangnya.

Nikmatus menambahkan, dalam surat edaran, aktivitas di perkantoran juga berubah. Saat ini jam kerja mulai pukul 09.00 – 16.00 WIB, sedangkan sebelumnya mulai pukul 08.00 WIB.

“Sesuai SOP, kita menyediakan hand sanitizer untuk pegawai maupun tamu yang datang kekantor KPU. Juga menyiapkan alat pengecekan suhu tubuh,” pungkasnya.(oke).

KETERANGAN FOTO:
Komisioner KPU Kabupaten Blitar Devisi Teknis, Nikmaus Sholihah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.