WNA Brasil Berstatus ODR di Kota Blitar, Dinyatakan Negatif Virus Covid 19

0
7 views
Tempat tinggal WNA Brasil di jalan TGP, Kota Blitar.

Blitar, Infobanua.co.id – Berkat kewaspadaan warga masyarakat Kota Blitar dan aparat terkait untuk ikut mengantisipasi penyebaran virus covid 19, atau yang lebih populer dengan virus corona. Maka Warga Negara Asing (WNA) Brasil yang tinggal di Jalan TGP, Kekurahan/Kecamatan Kepanjen Kidul, Kota Blitar yang berstatus Orang Dengan Risiko (ODR), setelah di tangani tim kesehatan dinyataan negatif virus corona.

Kesimpulan ini setelah yang bersangkutan mendapatkan cek kesehatan oleh petugas Puskesmas Kepanjen Kidul.

Kapolsek Kepanjen Kidul Kompol. Agus Fauzi mengatakan, begitu mendapatkan laporan dari masyarakat terkait adanya WNA Brasil, pihaknya langsung mendatangi lokasi rumah yang ditempati WNA tersebut bersama petugas kesehatan.

Setelah dilakukan pengecekan, yang bersangkutan dinyatakan negatif virus corona.

Namun petugas terus memantau kondisinya karena yang bersangkutan berstatus ODR. Dan tinggal di Kota Blitar sudah 12 hari yang lalu.

“Info dari masyarakat sudah 12 hari dia tinggal di Jalan TGP Kepanjen Kidul. Ada warga yang curiga lalu lapor ke Polsek Kepanjen Kidul, Kota Bltar. Petugas mendatangi TKP bersama petugas kesehatan. Setelah dicek ternyata negatif virus corona,” Kata Kompol Agus Fauzi, Sabtu 21-03-2020.

Kepala Bakesbangpol dan PBD Kota Blitar, Hakim Sisworo mengatakan, bahwa upaya pencegahan berupa penyemprotan desinfektan juga dilakukan terhadap warga yang datang, baik warga negara asing maupun daerah lain yang terdampak. Juga ada pemeriksaan dari puskesmas setempat.

Menurut Hakim, penanganan itu sangat penting guna membuat masyarakat tenang dan tidak panik.

“Jadi penanganan satgas ada beberapa hal, salah satunya penyemprotan desinfektan di lingkungan publik. Kita mempunyai data WNA itu. Mulai dari RT, RW, Keluarahan dan Kecamatan. Kita juga punya data TKI yang pulang dari Luar Negeri, Inilah yang juga menjadi fokus, karena berisiko,” pungkasnya. (oke)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.