Maksimalkan Layanan, Pelindo Banjarmasin Implementasikan System Host To Host

0
29 views
Pelindo host to host
Wahyu Suparyono, Direktur Keuangan PT Pelindo III (Persero) saksikan General Manager Pelindo III Banjarmasin, Toto Heli Yanto usai tanda tangani kerjasama dengan Bank CIMB program ‘host to host’. (ist)

 

BANJARMASIN- PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) Cabang Banjarmasin bekerjasama dengan PT Bank CIMB Niaga Tbkuntuk meningkatkan kemudahan pelayanan bagi para pengguna jasa untuk melakukan transaksi pembayaran atas jasa kepelabuhanan. Secara resmi perjanjian ditandatangani di kantor PT Pelindo III dengan dihadiri oleh para pengguna jasa pada Selasa, (24/12).

Kerjasama ini merupakan langkah awal  dari peningkatan pelayanan dalam hal cara pembayaran. Jika sebelumnya PT Pelindo telah menghadirkan pembayaran melalui metode CMS (Cash Manajemen System), Bizzcard kini semakin diperluas hingga sistem host to host yang menambah kemudahan cara pembayaran jasa kepelabuhanan.

Humas PT. Pelindo III (Persero) Cabang Banjarmasin Emil Puji Arifan dalam siaran persnya mengatakan, bahwa melalui sistem host to host ini, nantinya pengguna jasa semakin mudah dalam membayar jasa kepelabuhanan yang ada, karena sekarang bisa dibayar melalui internet banking dan chanel pembayaran perbankan lainnya.

Sistem ini merupakan Inovasi-inovasi yang terus diciptakan oleh PT Pelindo III Cabang Banjarmasin untuk meningkatkan pelayanan yang terbaik bagi para pengguna jasa, seperti yang dikatakan oleh Direktur Keuangan PT Pelindo III Wahyu Suparyono melalui sistem ini, nantinya dapat meningkatkan efektifitas dalam pelayanan yang ada.

Jelas wahyu dalam sambutannya di  acara penandatanganan kerjasama sistem penunjang administrasi jasa kepelabuhanan tentang pelayanan penerimaan pembayaran tagihan jasa kepelabuhanan dengan sistem cash management solution / host to host tersebut.

Turut memberikan sambutan, Toto Heli Yanto General Manager PT Pelindo III (Persero) Cabang Banjarmasin menjelaskan bahwa sistem ini dilaksanakan dalam rangka memenuhi beberapa masukan para pengguna jasa yang disampaikan saat survey kepuasan pelanggan sebelumnya. Selain itu, ini adalah inovasi pelindo banjarmasin yang merupakan pioneer dalam implementasi sistem teknologi informasi dalam pelayanan kepada pengguna jasa.

Dalam sambutannya, General Manager PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) Cabang Banjarmasin juga mengatakan bahwa inovasi host to host ini pertama kali diterapkan di Banjarmasin. Sistem host to host ini dimaksudkan untuk menggantikan sistem pembayaran yang selama ini digunakan yaitu CMS yang diinovasikan lagi dengan adanya Biz-Card. Tidak sampai disitu, Pelindo kembali mengembangkan biz-card menjadi Host To Host dengan menggandeng CIMB Niaga.

Hal tersebut dibenarkan oleh Direktur Keuangan PT Pelindo III Wahyu Suparyono, begitu banyak inovasi-inovasi yang telah dilakukan oleh PT Pelindo III Cabang Banjarmasin. Inovasi baru harus selalu tercipta dan selalu melakukan perubahan.

Manager Keuangan Zainal Abidin dan Asisten Manager Teknologi Informasi Agus Dharmawan dalam presentasinya menjelaskan bahwa dengan adanya sistem host to host ini tidak hanya memberikan informasi operasional kepada para pengguna jasa akan tetapi juga membantu proses pencarian nota-nota secara langsung dengan membuka website Pelindo.Manfaat yang diberikan dengan adanya program host to host ini adalah pengguna jasa tidak dikenakan biaya sedikitpun pada saat melakukan transaksi pembayaran.

Turut memberikan Sambutan, Manager Area Kalimantan CIMB Niaga Ibnu Gunawan mejelaskan bahwa manfaat yang bisa diperoleh bagi pengguna jasa adalah perpanjangan waktu layanan yang dulu transaksi pembayarannya hanya dilakukan lewat teller yang dibatasi oleh jam kerja, sekarang pembayaran tersebut bisa dilakukan selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu dan dimana saja. Selain itu juga dapat membantu memonitor pengeluaran arus kas.

Kerjasama yang diberikan oleh CIMB tidak hanya disitu saja, tetapi juga siap untuk membantu acara sosialisasi atau edukasi kepada pengguna jasa terkait program host to host ini. Seperti ibarat pepatah Tak Kenal Maka Tak Sayang, host to host memang masih baru seperti bayi yang baru lahir, tapi dengan berjalannya waktu diharapkan dapat memberikan kemudahan kepada para pengguna jasa.

rel/infoB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.