Kapabilitas Win-HT Melejit, Prabowo 'Keok'

0
41 views
Wiranto dan Prabowo
Wiranto dan Prabowo

JAKARTA – Indonesia Research Centre (IRC) menemukan masyarakat memilih calon dan wakil presiden tidak hanya diukur dengan elektabilitas tetapi juga dengan kapabilitas.

Peneliti IRC, Yunita Mandolang, menemukan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) dari Partai Hanura Wiranto-Hary Tanoesoedibjo (WIN-HT) menjadi pendatang baru yang langsung masuk urutan ketiga dalam survei elektabilitas dan kapabilitas yang dilakukan IRC.

Sementara unuk nama kader PDIP, Joko Widodo (Jokowi), masih menjadi urutan pertama untuk elektabiltas dan kapabilitas. Namun, kata Yunita, hasil survei untuk elektabilitas Jokowi menurun dari hasil survei sebelumnya.

“Masyarakat seringkali lupa dengan kapabilitas. Mereka mengira elektabilitas sudah cukup,” kata Yunita di Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (1/2/2014).

IRC merilis pasangan WIN-HT untuk kapabilitas menempati urutan ketiga setelah Jokowi dan Jusuf Kalla sebesar 2,6 persen dan mengalahkan Prabowo yang meraih angka 2,4 persen.

Yunita menyebutkan, pasangan WIN-HT yang mengunggulkan perpaduan militer dan kemampuan bisnis membuat masyarakat yakin mereka bisa menyelesaikan masalah Indonesia seperti keamanan dan ekonomi.

“Sementara Prabowo, meski dikenal dengan kampanye menolak kebijakan ekonomi neoliberal sejak 2009, namun publik tidak melihat realitas konkret dari kampanye Prabowo,” terang Yunita.

Survei ini dilakukan pada 23 Desember hingga 14 Januari 2014 terhadap 1.400 responden yang tersebar di seluruh Indonesia dengan margin error 2,6 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

teb/infoB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.