Meski Diwarnai Pelemparan Gelas, Munas Tetapkan Sutrisno Ketua Ikadin 2015

0
118 views

penutupanmunasikadinMusyawarah Nasional Ikatan Advokat Indonesia (Munas Ikadin) VIII yang berlangsung 31 maret hingga 1 april 2015 di hotel Golden Tulip, Banjarmasin, Kalimantan Selatan secara resmi ditutup oleh Ketua Umum Ikadin periode lalu Prof Dr Otto Hasibuan SH MM. Munas itu antara lain menghasilkan H Sutrisno SH MHum terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum Ikadin periode 2015-2020

Munas yang berlangsung ketat dan tertutup itu juga sempat dibumbui aksi tak terpuji, yakni aksi pelemparan gelas dari peserta Ikadin Makasar terhadap sesama peserta dari Makasar juga. Berjalan lancar dan terkendali.

Ketua pelaksana acara Munas Ikadin VIII H.A.Rasyd Rahman saat dikonfirmasi mengatakan, insiden tersebut dipicu masalah internal DPC Makasar yaitu masalah utusan yang ikut munas di Banjarmasin. “Itu persoalan internal, tapi secara umum munas berjalan lancar,” tegasnya, Rabu (1/4).

Pada awalnya yang berhak bertarung untuk memimpin Ikadin ada dua yaitu Sutrisno dan Zainal Marzuki. Namun Zainal memilih untuk tak melanjutkan pencalonannya dan memilih mundur. “Tanpa mengurangi rasa hormat, namun saya mesti tahu ukuran baju saya. Tanpa saya jadi ketua atau pengurus saya akan korbankan untuk Ikadin. Dengan mengucapkan basmallah saya nyatakan tidak akan maju,” kata Zainal Marzuki saat memberikan sambutannya.

“Apakah kita sepakat Sutrisno terpilih secara aklamasi?,” tanya pimpinan sidang Jamil Misbah kepada peserta Munas. “Sepakat…,” jawab peserta Munas. Munas yang dipimpin oleh Jamil Misbah dengan beranggotakan Faisal Putra, Zainal Marzuki, Acil Suyanto dan Saiful Bahri itu akhirnya menetapkan H Sutrisno SH MHum terpilih secara aklamasi.

Sutrisno dalam sambutannya mengharapkan peran serta rekan-rekan advokat Ikadin se-Indonesia dalam menjalankan tugas-tugasnya nanti. Yang pertama akan ia lakukan adalah konsolidasi agar Ikadin kembali menjadi besar. “Terima kasih kepada advokat Ikadin seluruh Indonesia atas dukungannya kepada saya,” ucap Sutrisno.

Sementara itu Ketua Umum Ikadin sebelumnya Otto Hasibuan dalam sambutannya mengatakan bahwa tidak mudah menjadi Ketua Umum Ikadin. “Saya merasa bangga dan yakin penuh karena ada Ketua Umum yang sungguh-sungguh ingin membesarkan Ikadin. Semoga di era Pak Sutrisno ini Ikadin akan lebih baik,” kata Otto berharap.

Nit/infobanua

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.