Pelindo III Sosialisasi Poros Maritim Bersama Mahasiswan ULM

0
47 views

pelindo-unlam
Ratusan mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi di Banjarmasin antusias mengikuti kegiatan yang dilaksanakan Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III Goes to Campus dengan mengusung tema “Mengenal Lebih Dekat Poros Maritim” berlangsung di gedung rektorat Unlam Sabtu (10/12).

“Harapannya bisa lebih mengenalkan pada mahasiswa tentang peran dan fungsi Pelindo III, terlebih lagi pada program pemerintah, khususnya tol laut,” tutur Toto Heliyanto, Direktur Bidang SDM dan Umum PT Pelindo III usai kegiatan.

Disampaikan Toto, saat ini pelabuhan di Banjarmasin terus dikembangkan, terlebih pada infrasuktur. Tidak luput juga dilakukan peremajaan bangunan yang sudah ada saat ini.

Untuk saat ini, lanjut Toto, Pelindo III sudah membangun 11 pelabuhan modern serentak untuk wilayah Indonesia timur.

“Mengingat sektor industri terkuat masih dipegang pulau Jawa, serta dana untuk pembangunan pelabuhan tersebut semuanya dari kas PT Pelindo III,” imbuhnya.

Dengan diselengarakanya acara ini, Toto mengharapkan kepada mahasiswa lebih mengenal bagai mana proses, serta tahapan yang biasanya dilakukan di pelabuhan. “Pelindo III Banjarmasin juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk training atau magang selama tiga bulan secara gratis,” beber Toto Heliyanto.

Pelindo III Goes to Campus juga dihadiri Abrani Sulaiman, Wakil Rektor 3 Unlam sekaligus sebagai pemberi materi. Materi yang disampaikan Aberani mengenai pengangguran terbuka di Indonesia.

Sementara itu, Bahrudin, dosen Unlam sekaligus pengamat maritim menjelaskan, poros maritim merupakan sebuah gagasan strategis yang diwujudkan untuk menjamin keterhubungan antar pulau. Selain itu pengembangan industri perkapalan dan perikanan serta perbaikan transportasi laut serta fokus pada maritim.

“Untuk dapat menjadi poros maritim dunia, pelabuhan di Indonesia harus dimodernisasi sesuasi dengan standar internasional,” urai pria berdarah Bugis tersebut.

“Terkait hal itu, berdasarkan UU Nomor 17/2008, status Pelindo III saat ini bukan lagi sebagai regulator, melainkan operator pelabuhan. Secara otomatis mengubah bisnis Pelindo III dari port operator menjadi terminal operator,” tutup Bahrudin.(ans)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.