DPR Ingatkan Pemerintah Jaga Stok Kedelai Dalam Negeri

0
31 views

1435Jakarta,Info Banua. Anggota Komisi IV DPRRI Acep Adang Ruhiat,di Jakarta,Rabu(5/4/2017),mengingatkan pemerintah untuk menjaga akan ketersediaan kacang kedelai dalm negeri untuk kebutuhan pangan dan bahan baku pakan ternak dalam negeri,mengingat kebutuhan akan kedelai sangat besar,sementra ketersediaan dalam negeri sering mengalami kekurangan.

Menurutnya,di tahun ini perkiraan akan ada penurunan produksi kedelai dunia yang mungkin juga akan berdampak pada gejolak harga baik di pasar global maupun dalam negeri.Argentina salah satu negara pemasok kedelai dunia tahun ini akan mengalami penurunan produksi karena cuaca.

Untuk pembelian kedelai kebutuhan tahu dan tempe, selama ini didatangkan dari Amerika Serikat (AS). Namun untuk pembelian bungkil kedelai untuk keperluan pakan ternak diperoleh dari Amerika Latin, salah satunya Argentina.

Kita memerlukan kedelai rata rata tiap tahunnya untuk kebutuhan tahu dan tempe 2,3 juta ton dan 3 juta ton kebutuhan pakan ternak,jelasnya

“Pemerintah telah menyatakan kebutuhan kedelai dalam negeri untuk beberapa bulan kedepan tercukupi,namun antisipasi kebutuhan tahun ini juga harus di perhatikan,dengan mencari negara penghasil kedelai di luar Amerika.Apalagi di tahun ini beberapa negara di wilayh Asia meningkatkan impor kedelainya seperti china,ini akan menimbulkan gejolak harga di tingkat dunia”,pungkas Acep Adang Ruhiat..

Berdasarkan survei Kementerian Perdagangan (Kemdag) harga kedelai impor selama bulan Maret 2017 di pasaran berada di kisaran Rp 10.660 – Rp 10.710 per kg. Harga tersebut lebih tidak jauh berbeda dengan harga kedelai lokal yang berada di kisaran serupa yakni Rp 10.500 – Rp 10.900 per kg selama Maret.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.