Petugas Siaga Api, Pelindo III Banjarmasin Ditempa Secara Profesional

  • Whatsapp

Banjarmasin- Kewaspadaan dini harus dilakukan, termasuk kemampuan skill anggota dalam mengatasi setiap gangguan yang mungkin muncul. Seperti misalnya, bahaya kebakaran yang setiap waktu mengintai, personel siaga api, PT Pelindo III Kota Banjarmasin senantiasa membekali dengan kemampuan dan kesiap siagaan.

Terkait dengan kondisi tersebut, PT Pelindo Cabang Banjarmasin kerjasa ma dengan PT AKN menggelar pelatihan penanggulangan pemadam kebakaran. Faktor resiko di wilayah kepelabuhan dengan aktivitas yang tinggi menjadi perhatian utama. Misalnya, jika terjadi tumpahan minyak di sungai ,  petugas dengan sigap diharapkan bisa secara cepat mengatasinya.

“Pelindo menggelar latihan bersama dengan tujuan kita terbiasa jika menghadapi hal-hal yang tidak kita inginkan bersama. Jadi kita ada dua kegiatan hari ini yaitu pemadam kebakaran, Spil yaitu tumpahan minyak di sungai. Hal ini kita jadwalkan satu tahun satu kali karena AKR mitra kita di lingkungan pelabuhan,” tegas Manager SMK III PT Pelindo III Kota Banjarmasin Bidang Sistem manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja,  Riza Rosdiana, akhir pekan lalu.

Menurut Riza, potensi kebakaran di wilayah pelabuhan kemungkinan bisa terjadi, tapi mudah-mudahan sampai sekarang belum pernah, tetapi kewaspadaan dan siaga tetap dipersiapkan.

“Pentingnya pelatihan untuk terus  menambah pengetahuan, dan mencoba semua alat-alat keselamatan kami. Jadi alat-alat keselamatan kami dapat berfungsi dengan baik kemudian petugas sigap dan mampu untuk menangani segala kecelakaan yang ada di pelabuhan,” paparnya.

Dijelaskan Riza, diwilayah sekitar pelabuan ada areal PT AKR tempat untuk penimbunan solar, yang  biasanya didistribusikan di sekitar pelabuhan. Personil yang disiagakan dari AKR ada 12 orang dan PT Pelindo Cabang Banjarmasin ada 18 orang, namanya  tim petugas pemadam kebakaran.

idayusnita

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *