Polda Kalsel Ciduk BH ‘Bos Beras’ Jalan Gatot Subroto, Diduga Lakukan Pengoplosan Beras Sebanyak 375 Karung

Oknum pengusaha beras nakal, berinisial BH yang diduga kerap menipu konsumen dengan  melakukan pengoplosan beras. Bila memang terbukti, akan dijebloskan ke penjara, guna menanggung segala perbuatannya. Melakukan praktek ilegal tukang oplos beras.

Pasalnya, melalui giat operasi lapangan, Subdit I Ditreskrimsus Polda Kalsel berhasil mengamankan beras medium yang merupakan beras impor dari vietnam sebanyak 375 karung atau sekitar 18.750 kg. Serta 50 lembar karung beras kosong bertuliskan bulog, dimana barang bukti beras, saat ini dititipkan di sebuah gudang milik Bulog Pelabuhan Trisakti Banjarmasin.

Informasi ini dibenarkan Kabid Humas Polda Kalsel AKBP M Rifai, Minggu sore (7/1/2018), dimana beras ini adalah milik pengusaha beras berinisial BH alias HB 35 tahun, tinggal di Jalan Gatot Subroto Kelurahan Kuripan Kota Banjarmasin.

Subdit I Ditreskrimsus Polda Kalsel berhasil mengamankan beras oplosan di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin,

Modus operansi pelaku, yakni pelaku membeli beras Vietnam ke Bulog yang biasanya untuk operasi pasar. Oleh tersangka, sesampai di gudang miliknya beras tersebut diganti kedalam karung beras polos. Untuk selanjutnya beras-beras tersebut dimasukkan kedalam kontainer, untuk di jual ke luar daerah tujuan Surabaya Jawa Timur.

Akibat perbuatannya ini, tersangka diduga  telah melanggar Pasal 143 Jo Pasal 99 UU No.18 tahun 2012 tentang Pangan.  Yang berbunyi, setiap orang yang dengan sengaja, mencabut, menghapus, menutup, mengganti label, atau mencabut kembali dan atau menukar tanggal, bulan, dan tahun kadaluwarsa pangan yang di edarkan. Sebagaiman dimaksud dalam Pasal 99  dipidana penjara paling lama 2 tahun atau denda paling banyak 4 miliar.

idayusnita

 

 

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Posts